Home  /  Berita  /  Umum

Syahrudin dan Muna Nabilah Terpilih Sebagai Duta Bahasa Riau 2020

Syahrudin dan Muna Nabilah Terpilih Sebagai Duta Bahasa Riau 2020
Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs. Songgo A. Siruah, M.Pd., berfoto dengan Duta Bahasa Riau 2020 Syahrudin dan Muna Nabilah. (ist)
Senin, 17 Agustus 2020 12:27 WIB

PEKANBARU -Setelah melewati seleksi panjang sejak Februari 2020, Syahrudin dan Muna Nabilah, akhirnya terpilih sebagai Duta Bahasa Riau 2020. Keduanya terpilh pada acara Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Riau Tahun 2020 di Grand Ballroom Hotel Grand Central Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/8/2020) malam.

Syahrudin dan Muna Nabilah selanjutnya akan menjadi utusan Provinsi Riau mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional yang akan berlangsung pada Oktober 2020 mendatang di Jakarta.

Acara Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Riau Tahun 2020 berlangsung meriah. Tampak hadir Sekretaris Daerah Prov insi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid dan sejumlah tamu undangan lainnya. Sedaprov Riau dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Riau yang ditaja Balai Bahasa Provinsi Riau, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

''Ini merupakan kegiatan yang positif dalam mendukung pemerintah daerah untuk mencapai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau tahun 2019-2024. Kegiatan ini terkait dengan pengimplementasian nilai-nilai dan upaya mewujudkan kebudayaan Melayu sebagai payung kebudayaan,'' kata Yan Prana Jaya.

Sekdaprov juga menilai kegiatan ini sangat bagus dan cerdas. Secara praktis, menurutnya, ajang ini akan meningkatkan kesadaran berbahasa, terutama bahasa daerah dan bahasa Indonesia secara baik, benar, dan bertanggung jawab.

''Diharapkan, dari sini akan lahir generasi muda sebagai representasi pemuda yang memiliki kepekaan terhadap bahasa Indonesia. Menjadi duta bahasa berarti harus peduli akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,'' kata Yan Prana Jaya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs. Songgo A. Siruah, M.Pd., mengatakan, sebanyak 40 anak muda terbaik dan berprestasi berhasil lolos dalam serangkaian proses seleksi yang dilakukan panitia hingga mengantarkannya jadi Finalis Duta Bahasa 2020. Mulai dari seleksi administrasi, wawancara, minat dan bakat, krida mandiri dan tim, serta Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

''Para finalis malam ini sudah mengikuti taklimat, pembekalan, mancakrida, dan kunjungan ke beberapa tempat dan intansi guna mendalami pengetahuan dan menambah pengalaman,'' kata Songgo.

Songgo berharap, Syahrudin dan Muna Nabilah yang akan mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional, minimal bisa masuk lima besar. ''Semoga tahun ini Riau bisa masuk lima besar. Sampai hari ini kita masih berjuang,'' sebutnya.

Sempat Tertunda

Yulita Fitriana, selaku Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Riau mengatakan, kegiatan ini sudah dimulai sejak Februari 2020 lalu. Namun, sempat tertunda selama dua bulan karena munculnya pandemi Covid-19.

Barulah pada Juni 2020, kegiatan rangkaian pemilihan Duta Bahasa Riau kembali dilanjutkan. Dari 20 pasang finalis, diseleksi lagi menjadi 10 pasang, sampai menjadi 5 pasang.

Mereka dinilai oleh 3 orang dewan juri, yaitu Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs. Songgo A. Siruah, M.Pd., Wakil Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Hera Yulwita, serta Candra, Ketua Ikatan Duta Bahasa Riau 2017-2019.

Pemenang I, II dan III masing-masing mendapatkan uang tunai Rp6 juta, Rp5 juta dan Rp4 juta, serta piala dan piagam. Untuk Pemenang Favorit dan Persahabatan memperoleh uang tunai Rp3 juta dan Rp2 juta, ditambah piala dan piagam.

Untuk Pemenang II Duta Bahasa Riau 2020 diraih oleh Donni Nuryadi dan Vebby Oksaviona, Pemenang III Putra, Syahrizal Fadli dan Pemenang III Putri, Annesa Fista Savitri. Untuk Favorit Putra, Syafrudin Wahyu, Favorit Putri, Mawaddah Warahmah. Pemenang Persahabatan Putra, Heriyanto, Persahabatan Putri, Raihana Permata Madina.

Acara Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Riau 2020 menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak masing-masing tempat duduk pengunjung minimal 1 meter. Para pengunjung yang masuk juga wajib menggunakan masker. Sebanyak 200 tamu hadir dalam acara tersebut. (rls)

Editor:hasan b
Kategori:Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/