Home  /  Berita  /  Pemerintahan

HUT Ke-75 Tahun RI, Benarkah BI Rilis Duit Pecahan Rp75.000?

HUT Ke-75 Tahun RI, Benarkah BI Rilis Duit Pecahan Rp75.000?
Uang pecahan Rp75 ribu viral di media sosial.
Minggu, 16 Agustus 2020 20:53 WIB

JAKARTA - Bank Indonesia akan mengeluarkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia.

Berdasarkan agenda yang beredar, pada Senin (17/8/2020) Gubernur BI dijadwalkan merilis uang tersebut bersama Menteri Keuangan secara virtual, yang bisa disaksikan di akun Youtube Bank Indonesia.

Acara direncanakan mulai pada 11.15 hingga 11.45. Selain peresmian pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI, akan ada juga kegiatan penayangan video Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dan penyerahan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI sebagai token of appreciation secara simbolis kepada keluarga Proklamator secara virtual.

Adapun, berbarengan dengan rencana perilisan tersebut, beredar gambar uang pecahan Rp75.000 yang disebut sebagai uang edisi khusus HUT Ke-75 RI.

Ads

Dalam gambar yang beredar, uang tersebut bergambar proklamator Soekarno-Hatta dan di sebaliknya bergambar sembilan anak dengan memakai baju tradisional dari berbagai daerah.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, sumber dari Bank Indonesia menyatakan belum mengetahui bentuk dan nilainya. Disebutkan juga mekanisme penukaran akan diinfokan setelah peluncuran.

"Besok ya untuk [informasi] nominalnya, saya sendiri belum melihat," ujarnya.

Sebagai informasi, Bank Indonesia sebelumnya telah merilis Uang Rupiah Khusus yang dikeluarkan dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu dan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Uang Rupiah Khusus terdiri koin edisi khusus dan/atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdirid ari beberapa lembar uang (uang bersambung).

Setiap edisi dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cenderamata.

Edisi yang telah diterbitkan antara lain 25 Tahun Kemerdekaan dengan tahun penerbitan 1970, Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Seri Perjuangan Angkatan 45 yang diterbitkan pada 1990, Seri Save the Children pada 1990, Seri Cagar Alam 1974, Seri Cagar Alam 1987, Seri Children of the World pada 1999 dan lainnya.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:bisnis.com
Kategori:Peristiwa, Ekonomi, Pemerintahan
wwwwww