Home  /  Berita  /  Pendidikan

Gubernur Sumbar: Lulusan PT Jadi Pengangguran Jika tak Berkualitas

Gubernur Sumbar: Lulusan PT Jadi Pengangguran Jika tak Berkualitas
Apt. Elfi Sahlan Ben sebagai Rektor yang pertama bagi Upertis. (ANTARA / Ist)
Senin, 03 Agustus 2020 20:16 WIB
PADANG - Lulusan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, tidak akan mampu bersaing dalam dunia kerja sehingga bisa menjadi pengangguran jika tidak memiliki kualitas dan kreativitas, kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

"Lulusan perguruan tinggi di Sumbar sangat banyak, namun tidak semua terserap dunia kerja. Sebagian yang tidak memiliki kualitas dan kreativitas tersisih dan menganggur," kata dia di Padang, Senin.

Ia mengatakan hal itu saat peluncuran Universitas Perintis Indonesia (Upertis) dan pelantikan Rektor Upertis di Padang.

Pemprov Sumbar menyambut baik kehadiran Upertis karena peluang masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang baik semakin terbuka dan diharapkan bisa membantu meningkatkan sumber daya manusia di daerah itu.

Bertambahnya universitas di Sumbar diprediksi akan mendorong persaingan antarperguruan tinggi semakin ketat dan kompetitif. Hal itu diharapkan bisa menjadi pemacu bagi lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas diri dan tamatannya.

Ia juga menyampaikan selamat dan sukses kepada Prof Dr Apt Elfi Sahlan Ben, MS yang menjadi rektor pertama Upertis.

Wakil ketua yayasan yang menaungi perguruan tinggi itu, Rafnelly Rafki, menyampaikan bahwa Yayasan Perintis berdiri pada 1988 namun efektif kegiatan dilakukan pada 2011.

"Saat ini kita telah membangun berbagai fasilitas gedung dalam dengan kegiatan Fakultas Farmasi (STIFI) dan Fakultas Kesehatan (STIKES). Dan juga saat telah membuka jurusan baru Ilmu Bisnis dan Sosial dan Ilmu Komunikasi Bisnis," ujarnya.

Ia juga menyampaikan tentang pesan pendiri Uperti yang mesti ditindak lanjuti, yakni prodi di Upertas berakreditasi minimal B agar hasil pendidikan berkualitas.

"Yang menjadi pekerjaan rumah, pertama mendirikan masjid di lingkungan kampus Upertis, kedua membangun Rumah Sakit dr Rafki Ismail. Oleh karena itu secara bertahap juga akan membuka Fakultas Kedokteran Upertis," katanya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Pendidikan, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/