Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ibu Tewas Pasca Melahirkan, Gus Nabil Minta Pemerintah Prioritaskan Ini

Ibu Tewas Pasca Melahirkan, Gus Nabil Minta Pemerintah Prioritaskan Ini
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen. (Foto: Ist.)
Senin, 20 Juli 2020 12:27 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen mengatakan, harus ada upaya dan tindakan nyata untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan nasional.

Ia menegaskan, harus ada dukungan pemerintah untuk mendekatkan fasilitas kesehatan ke tengah warga, "khususnya di kawasan-kawasan pelosok dan jauh dari kota yang itu sangat membutuhkan pelayanan kesehatan,".

Hal itu disampaikan Nabil, menanggapi insiden tewasnya seorang Ibu di atas mobil pikap pasca menjalani persalinan tak sempurna di sebuah unit puskesmas pembantu, di Sumatera Barat.

Selain mendekatkan fasilitas kesehatan kepada warga, Nabil juga meminta adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan.

"Tenaga terampil dan ahli bidang kesehatan harus diapresiasi, peningkatan SDM dan kualitas pelayanan kesehatan harus menjadi program inti pemerintah ke depan," kata Nabil, Senin (20/7/2020).

Beberapa waktu lalu, Nabil menuturkan, dalam rapat di Komisi IX DPR RI dirinya telah menyampaikan pentingnya rumah sakit atau puskesmas portable. "Jadi, ini nanti bisa disiapkan secara cepat, sekaligus bisa dipindah secara mudah,".

"Juga, peningkatan jumlah mobil ambulans yang mampu meng-cover kawasan-kawasan yang sangat membutuhkan pertolongan kesehatan," tutur legislator yang akrab disapa Gus Nabil itu.

Sebelumnya, seorang Ibu berinisial AW (32) melahirkan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Jorong Sikilang, Kec. Sungai Alur, Kab. Pasaman Barat, Sumatera Barat. Tapi plasenta bayi tak keluar, sehingga korban harus dirujuk ke RS di Nagari Sasak.

Perjalanan ke RS disebut tak bisa cepat, lantaran kondisi permukaan jalan yang tak mendukung. Dalam perjalanan menggunakan mobil pikap kala itu, korban AW, meninggal dunia.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Nasional, Kesehatan, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/