Home  /  Berita  /  Padang

Wali Kota Padang Tebar 20 Ribu Bibit Ikan Garing di Lubuk Begalung

Wali Kota Padang Tebar 20 Ribu Bibit Ikan Garing di Lubuk Begalung
Wali Kota Padang Mahyeldi (empat dari kanan) menebar bibit ikan di sungai di Lubuk Begalung Padang. (Antara/Humas)
Kamis, 25 Juni 2020 19:25 WIB
PADANG - Wali Kota Padang Mahyeldi menebarkan 20 ribu bibit ikan garing (tor tambroides) di Bandar Ikan Larangan aliran Sungai Batang Jirek, Kecamatan Lubuk Begalung.

"Ini bagian dari program Pemkot Padang agar sungai-sungai yang ada termanfaatkan dan dikembangkan secara baik. Apalagi saat ini beberapa titik sungai juga dikembangkan menjadi cek dam seperti yang ada di Koto Pulai, Kuranji dan lainnya," kata dia di Padang, Kamis.

Pelepasan bibit ikan garing bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan dihadiri Padang Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Guswardi, Camat Lubuk Begalung Wilman Muchtar serta Ketua RW/RT dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Mahyeldi ada banyak manfaat diperoleh melalui pembudidayaan ikan garing yaitu memenuhi kebutuhan untuk konsumsi juga menjadi objek wisata baru bagi masyarakat setempat.

Ads

"Ini tentu juga bisa membantu ketersediaan kebutuhan ikan garing di Kota Padang dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," kata dia.

Ia mengatakan melalui Dinas Kelautan Perikanan akan terus melakukan pembudidayaan ikan garing di beberapa titik sungai di Kota Padang.

"Ada sekitar terdapat 117 titik sungai di Kota Padang, saya berharap, Kota Padang bisa menjadi daerah penghasil ikan garing terbesar nantinya. Karena setiap pekannya juga akan ada para pembeli ikan garing," ujarnya.

Wali kota berharap dengan adanya pemanfaatan sungai oleh masyarakat setempat yang juga didukung Komunitas Peduli Sungai (KPS), lurah dan camat setempat, maka tentu sungai menjadi terawat dan termanfaatkan secara baik.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Guswardi berharap selain memberdayakan ekonomi masyarakat penyebaran bibit juga merupakan upaya mengampanyekan gemar makan ikan.

Ia juga bersyukur Dinas Kelautan dan Perikanan termasuk OPD yang anggarannya tidak dialihkan karena programnya fokus kepada pemberdayaan masyarakat khususnya nelayan. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Ekonomi, Sumatera Barat, Padang
wwwwww