Home  /  Berita  /  Kesehatan

Bisnisnya Hancur dan Dijauhi Tetangga, Keluarga Pasien yang Peti Jenazahnya Jatuh Minta Nama Baiknya Dipulihkan

Bisnisnya Hancur dan Dijauhi Tetangga, Keluarga Pasien yang Peti Jenazahnya Jatuh Minta Nama Baiknya Dipulihkan
Jum'at, 05 Juni 2020 18:28 WIB
PALI - Keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang jenazahnya dimakamkan secara protokol Covid-19 di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berharap bisa nama baik keluarga mereka dibersihkan.

Hal ini lantaran dampak sosial sangat dirasakan, apalagi keluarganya yang merupakan seorang pebisnis, yakni distributor buah dan kue di salah satu pasar di PALI.

Sebelumnya diketahui, beredar video proses pemakaman jenazah PDP Covid-19 di PALI, dimana peti jenazah terjatuh saat hendak dimakamkan, sehingga sontak membuat pihak keluarga emosi.

Pemakaman dilakukan tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 PALI dengan berpakaian lengkap standar protokol kesehatan, Kamis (21/5/2020) malam.

Dalam video durasi lebih kurang 3 menit itu nampak nampak beberapa petugas menggunakan APD lengkap menggotong peti jenazah ke areal pemakaman.

Beberapa petugas lainnya mengarahkan hingga peti jenazah diletakkan di pinggir liang lahat. Sebelum dimakamkan, petugas memastikan posisi kepala dan kaki jenazah agar tidak terjadi kesalahan.

Saat peti jenazah diletakkan persis di atas liang lahat yang dipasang dua batang kayu dan tali untuk menurunkan ke dalam lobang. Masing-masing petugas bertugas memegang tali dan menarik kayu penyangga.

Begitu hendak dimasukkan, tiba-tiba peti jenazah itu terjatuh sebelum waktunya diduga karena pemegang tali belum siap ketika kayu penyangga ditarik. Peti itu terbuka dan posisi jenazah dibawah dan kaki di atas.

Sontak kejadian itu membuat petugas dan keluarga jenazah histeris. Terdengar Allahuakbar. Lailahaillallah.

Seketika, keluarga jenazah emosi dan memarahi petugas dengan kata-kata kasar. Pihak keluarga langsung turun ke liang lahat dan mengambil alih pemakamannya.

Eka Kamelia (37), warga Bhayangkara Kelurahan Pasar Bhayangkara, Kecamatan Talang Ubi yang merupakan anak kandung jenazah dimakamkan secara protokol Covid-19 berkata bahwa dirinya berharap ada itikad baik dari gugus tugas untuk membersihkan nama baik keluarga.

"Kami meminta keadilan. Kami juga mengutamakan nama baik keluarga kami. Karena warga PALI takut dengan kami," ungkap Eka Kamelia, kepada wartawan Jumat (5/6/202).

Menurutnya, ia sangat menyesalkan apa yang terjadi seperti diberitakan, bahwa orangtuanya dimakamkan secara protokol Covid-19. "Dampak sosial sangat terasa. Kami merupakan distributor buah di pasar. Jadi, baik pembeli maupun pedagang yang ada takut mendekat keluarga kami," jelasnya.

"Akibat Ibu kami dimakamkan secara Covid-19. Usaha kami terjun bebas, nama baik keluarga kami jadi tercoreng," tambahnya.

Selama menggelar yasinan yang menyayat hati, jelas Eka, keluarga dekat pun enggan melayat ke rumah. Selain itu, pihak gugus tugas juga selama 14 hari masa inkubasi juga tidak ada yang datang ke rumah untuk meminta maaf.

"Setelah berita ini viral, baru semalam, Kamis (4/6/2020) ketua gugus tugas bersama tim lain menemui keluarga kami untuk meminta maaf," katanya.

Ia mengatakan, jenazah ibunya belum sempat diambil sampel, baik rapid test maupun swab tes. Meski begitu, pemakaman tetap dilakukan secara Covid-19. "Kami pihak keluarga juga belum ada dilakukan rapid test. Dan Alhamdulillah kami sehat-sehat saja selama 14 hari selesai masa inkubasi,"katanya.

Sementara, Samsudin yang merupakan adik dari suami almarhumah sekaligus orang yang menguburkan jenazah status PDP di PALI menambahkan, bahwa usai kejadian jenazah terjatuh, pihak keluarga langsung mengambil alih pemakaman.

"Kami tidak terima. Jadi kami ambil alih dengan melakukan pemakaman sendiri. Kantong mayat kami buka serta plastik yang membungkus jenazah. Kami mau menguburkan Almarhumah sesuai syariat Islam," katanya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coovid-19 PALI, Junaidi Anuar, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga korban. Menurut Junaidi, petugas sudah dilatih untuk mempersiapkan proses pemakaman sesuai protokoler Covid-19.

Meski begitu, kejadian ini benar-benar diluar dugaan pihaknya. "Murni kecelakaan, tidak ada unsur kesengajaan, itu di luar rencana atau dugaan kami," ungkap Junaidi, Jumat (5/6/2020).

Atas nama Gugus Tugas, dirinya menyampaikan permintaan maaf kepada keluarga atas insiden itu. Baginya kejadian ini menjadi pelajaran bagi petugas agar tidak terulang kembali. "Kami menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya, sekali lagi kami minta maaf," kata dia.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Tribunews
Kategori:Peristiwa, Kesehatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/