Home  /  Berita  /  Pariaman

Pariaman Selesai Salurkan BLT Desa Terdampak Covid-19

Pariaman Selesai Salurkan BLT Desa Terdampak Covid-19
Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)
Sabtu, 30 Mei 2020 14:01 WIB
PARIAMAN - Kota Pariaman, Sumatera Barat selesai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa tahap pertama untuk 4.600 kepala keluarga yang terdampak Covid-19 di daerah itu sehingga pemerintah setempat mendapatkan apresiasi dan ucapan terimaksih dari kementerian terkait.

"Cepatnya penyaluran BLT yang dananya bersumber dari dana desa tidak terlepas dari peran kepala desa dan dinas terkait yang fokus terkait hal ini," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Sabtu (30/5/2020).

Ia mengatakan pihaknya bersama pemerintahan desa dalam beberapa bulan sebelumnya sudah mendata dan meverifikasi keluarga yang ada di desa se-Kota Pariaman.

Ia menyampaikan untuk penyalurannya Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan BUMN yang memiliki agen di desa-desa.

Buku tabungan untuk penerima sudah dibagikan melalui pemerintah desa pada 14 hingga 18 Mei lalu sedangkan pengambilan BLT tersebut sudah dilakukan warga sebelum lebaran melalui ATM dan agen BNI yang ada di desa-desa.

"Setiap penerima mendapatkan Rp600 ribu selama tiga bulan yaitu mulai April hingga Juni 2020," katanya.

Agar bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih dengan bantuan yang bersumber dari dana lainnya maka pihaknya memasang stiker di rumah penerima dan hal itu juga sebagai upaya agar terjadi keterbukaan serta dampak sosial bagi keluarga kaya.

Ia mengatakan karena Kota Pariaman menjadi salah satu daerah yang selesai menyalurkan BLT tahap pertama maka daerah itu mendapatkan apresiasi dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI Abdul Halim Iskandar.

Pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi dari Mendes PDTT tersebut disampaikan melalui surat dengan nomor 1781/PRI.00/V/2020 yang ditujukan kepada Wali Pota Pariaman.

Sebelumnya Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) merupakan daerah pertama yang menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) dari dana desa di provinsi itu.

"Dari pantauan kami, Kota Pariaman yang pertama yang menyalurkan bantuan dari dana desa langsung kepada warga melalui bank," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar Syafrizal saat penyerahan buku tabungan kepada penerima BST secara simbolis di Pariaman, Kamis.

Dana Desa yang diberikan kepada warga tersebut diberikan sebanyak Rp600 ribu setiap bulan per keluarga selama tiga bulan. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Pemerintahan, Sumatera Barat, Pariaman
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/