Home  /  Berita  /  Sumatera Barat

Sumbar Buka Sebagian Destinasi Wisata dengan Pengawasan

Sumbar Buka Sebagian Destinasi Wisata dengan Pengawasan
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit. ANTARA/Miko Elfisha
Jum'at, 29 Mei 2020 21:37 WIB
PADANG - Sejumlah destinasi wisata di Sumatera Barat akan dibuka kembali untuk umum setelah ditutup sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan pada 22 April 2020.

"Secara bertahap kita buka. Namun akan ada penyesuaian seperti adanya pengawasan dari tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Jumat (29/5/2020).

Kebijakan itu diambil setelah melihat kondisi destinasi wisata yang mulai ramai dikunjungi masyarakat sejak lebaran 1441 Hijriah, meskipun sebenarnya destinasi masih tutup.

"Dari pada kita biarkan masyarakat berwisata tanpa mengindahkan protokol kesehatan, lebih baik kita buka saja destinasi itu, tetapi di bawah pengawasan petugas," katanya.

Jadi mesyarakat bisa mengunjungi destinasi wisata, tetapi tidak bisa berkumpul berdesakan seperti sebelum pandemi. Juga tidak ada alasan tidak menggunakan masker.

Irwan menyebut kedisiplinan itu yang perlu ditegakkan dengan tegas agar tidak ada yang berani melanggar sehingga lambat laun menjalankan protokol kesehatan terkait COVID-19 akan menjadi kebiasaan.

Sebelumnya Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Toni Harmanto bersama Danrem 032/Wbr Kolonel Inf Arif gajah Mada menyatakan TNI/Polri akan mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan tahapan "new normal". Dukungan personel dari dua lembaga itu mendekati 8 ribu orang.

Membludaknya tempat wisata usai lebaran sudah diprediksi sejak awal karena kebiasaan pemudik saat pulang kampung adalah menikmati tempat-tempat wisata di Sumbar sebelum balik lagi ke perantauan.

Meski selama PSBB jumlah perantau yang bisa masuk Sumbar dibatasi, namun sebelum kebijakan itu tercatat 120 ribu orang sudah masuk ke provinsi tersebut.

Prediksi itu terbukti benar. Satu hari pascalebaran Pantai Padang yang merupakan ikon wisata kota Padang, ramai dikunjungi wisatawan lokal. Sebagian tidak lagi mengindahkan imbauan pemerintah untuk menggunakan masker. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Pemerintahan, Kesehatan, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/