Home  /  Berita  /  GoNews Group

Koarmada II Dukung Program Ketahanan Pangan P2L

Koarmada II Dukung Program Ketahanan Pangan P2L
Selasa, 19 Mei 2020 19:43 WIB
Penulis: Azhari Nasution
SURABAYA - Panglima Koarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto, dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada II (DJA II) Ny. Yayuk Heru Kusmanto melaksanakan Panen Raya sayuran, buah-buahan dan ikan Lele di Pekarangan Pangan Lestari Flat B2 Satuan Kapal Ranjau atau Satran, Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/5/2020).

"Panen Raya ini merupakan bukti nyata, bahwa kalau kita serius, sungguh-sungguh dalam menindaklanjuti arahan Pemerintah dan perintah Pimpinan TNI, tentunya akan meraih hasil sesuai yang kita inginkan. Sayuran yang hijau segar, ikan lele yang sehat dan buah pisang yang besar serta berisi banyak. Dan Program Pekarangan Pangan Lestari di Cabang 7 Satran ini, harus sebagai pilot project, contoh bagi Satuan atau Cabang Organisasi di Koarmada II untuk turut mensukseskan program Ketahanan Pangan ini, apalagi dalam situasi masih merebaknya Covid-19”. kata Laksda Heru dalam sambutannya.

Selanjutnya Heru menambahkan, bahwa Koarmada II sudah melaksanakan program ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan yang tersedia dan dilakukan oleh 6 Cabang yang memiliki Kelompok Tani. Dan pada kesempatan tersebut diserahkan bibit tanaman, bantuan dari Ketua Umum Dharma Pertiwi Pusat, Ibu Hadi Tjahyanto kepada 9 Cabang yang sudah menyiapkan lahan untuk ditanami.

Program Pekarangan Pangan Lestari ini juga dalam rangka mengantisipasi dampak Covid-19 yang berkepanjangan, dan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama para prajurit penghuni flat Koarmada II dengan ibu-ibu kelompok tani dari flat DBAL. Dan dalam mengolah lahan tersebut, mereka menggunakan beberapa media tanam yakni media tanah dan polybag sejumlah 3.400, yang terdiri dari beragam tanaman sayur mayur seperti kangkung, bayam merah, bayam hijau, sawi, selada, terong, mentimun, kacang panjang, pisang, tomat, cabai, ubi, singkong serta tanaman obat keluarga.

Selain lahan pertanian, di pekarangan pangan Lestari ini juga terdapat lahan perikanan dengan 6.000 benih ikan Lele dan 500 bibit ikan Gurame. Sedangkan yang siap dipanen sebanyak 1.234 ekor ikan Lele. “Dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk ikan Lele, dari mulai benih hingga siap panen. Dan ikan Lele yang sehat serta berisi, tidak lepas dari perawatan yang prima dan pemberian pakan yang teratur, “ jelas Dansatran Kolonel Laut (P) Cecep Hidayat, selaku koordinator.

Pangkoarmada II menyambut dengan sangat antusias dengan adanya bantuan bibit tanaman kepada kelompok tani Jalasenastri dan prajurit Koarmada II, untuk ditanam di Pekarangan Pangan Lestari, Komplek DBAL Surabaya. Hal tersebut diungkapkan saat mengakhiri sambutannya, yakni; “Pemberian bibit tanaman ini merupakan wujud perhatian dari Ketua Umum Dharma Pertiwi Pusat, maka selaku Panglima Koarmada II saya ingin dalam beberapa bulan kedepan harus ada panen raya ke dua. Untuk itu, saya akan mendukung beaya atau dana, yang dapat dimanfaatkan dalam menyiapkan lahan maupun perawatan tanaman dan perikanan”. ***

Kategori:Umum, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/