Home  /  Berita  /  Politik

4,2 Juta Warga Menganggur Akibat Corona, Pemerintah Wajib hidupkan UMKM

4,2 Juta Warga Menganggur Akibat Corona, Pemerintah Wajib hidupkan UMKM
Ilustrasi kemiskinan. (Istimewa)
Rabu, 13 Mei 2020 18:02 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Wabah Covid-19 di Indonesia, tanpa disadari telah menambah jumlah warga miskin. Terlebih banyaknya Perusahaan-perusahaan yang colaps dan melakukan PHK.

Bahkan, menurut Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) jumlah pengangguran berpotensi bertambah hingga 4.2 juta orang yang juga berdampak potensi meningkatnya persentase kemiskinan hingga 10.2%.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo saat memberikan bantuan ke Driver Taxi

Untuk itu, Pemerintah diminta untuk meningkatkan jumlah ekspor dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM secara maksimal. "Kita juga minta, pemerintah gencar sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri, hal ini bertujuan untuk kembali meningkatkan daya beli masyarakat, apabila kegiatan perekonomian sudah mulai bisa berjalan lancar," demikian diungkapkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Rabu (13/5/2020) di Jakarta.

Bamsoet sapaan akrabnya, juga mendukung Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) 2021 yang menetapkan pemulihan kegiatan ekonomi sebagai fokus pembangunan tahun 2021, khususnya di sektor industri manufaktur, perdagangan, dan pariwisata.

"Pemerintah harus fokus kepada pemulihan ekonomi yang bisa dipersiapkan untuk tahun 2021, seperti penyederhanaan perizinan dan peningkatan kepastian usaha. Pemerintah juga harus melakukan penguatan dan revitalisasi sistem ketahanan pangan dalam negeri, seperti penguatan koperasi petani dan distribusi pangan, stabilitas akses pangan, dan meningkatkan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan industri pangan lokal," tandasnya.

Tidak hanya itu, Pemerintah juga diminta terus mengkaji skenario agar dampak terhadap sosial ekonomi dapat berkurang, namun tetap menyesuaikan dengan situasi dan perkembangan pandemi covid-19 dan juga perekonomian global saat ini.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77