Home  /  Berita  /  Internasional

Jenazah Muslimah Dikremasi Secara Hindu di India, Ini Alasan Keluarganya

Jenazah Muslimah Dikremasi Secara Hindu di India, Ini Alasan Keluarganya
Ilustrasi prosesi kremasi jenazah di India. (republika.co.id)
Sabtu, 09 Mei 2020 09:27 WIB
BITHMARA - Peristiwa unik terjadi di Desa Bithmara, salah satu desa di India, pada Jumat (8/5). Jenazah seorang Muslimah bernama Phul Devi, dikremasi secara Hindu.

Dilansir di Hindustan Times, Sabtu (9/5), pihak keluarga yang juga beragama Islam, Majid Khan, mengatakan bahwa Phuli termasuk dalam komunitas Kasta Terdaftar sebelum leluhur mereka memeluk Islam pada pemerintahan Mughal.

''Tidak ada tekanan pada kami atau ketegangan di desa. Kami mendapat dukungan penuh dari penduduk desa ketika kami memutuskan untuk mengkremasi Phuli,'' kata Khan. 

Putra almarhum Satbir Singh mengatakan bahwa sebelumnya keluarga mereka biasanya mengikuti aturan pemakaman. Sejak lama mereka tinggal bersama keluarga Hindu dan berusaha menjaga persaudaraan, salah satu bentuknya adalah dengan ritual prosesi pemakaman jenazah yang mengikuti tradisi agama Hindu.

''Sejak awal, kami telah tinggal bersama keluarga Hindu di desa dan menjaga persaudaraan dan kedamaian dengan mereka. Mengremasi ibuku sesuai ritual Hindu adalah keputusan kami dan kami juga mendapat dukungan dari orang lain. Tidak ada seorang pun dari komunitas mana pun yang mengancam kami untuk melakukannya dan langkah itu diambil tanpa tekanan dari luar,'' tambah Singh.

Wakil Komisaris Hisar Priyanka Soni mengatakan, ritual penghormatan terakhir kepada jenazah Phuli Devi dilakukan sesuai dengan ritual Hindu. Tidak ada tekanan pada keluarga almarhum.

''Ada keharmonisan di desa ini,'' pungkasnya. ***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Peristiwa, Umum, Internasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/