Home  /  Berita  /  GoNews Group

Bocoran Partai Baru Amien Rais: Ada Hanafi Rais dan Putra Jaya

Bocoran Partai Baru Amien Rais: Ada Hanafi Rais dan Putra Jaya
Jum'at, 08 Mei 2020 19:53 WIB
JAKARTA - Eks Ketua DPP PAN Agung Mozin mengungkap, Hanafi Rais bergabung dengan partai baru yang merupakan pecahan dari PAN. Putra Amien Rais itu sebelumnya mengundurkan diri dari pengurus dan anggota DPR dari PAN.

"Mas Hanafi jadi salah seorang yang juga bergabung untuk membesarkan partai," kata Agung saat dihubungi, Jumat (8/5).

Partai tersebut didirikan oleh tokoh senior PAN seperti Amien Rais, Agung Mozin, hingga Putra Jaya dan tokoh lainnya. Partai itu akan berisikan komponen elemen masyarakat yang menjadi antitesis dari pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Pak Amien akan mendirikan partai ini bersama-sama," kata Agung.

Dia mengatakan, partai baru ini bukan bentuk kekecewaan dari hasil Kongres V PAN. Melainkan kecewa terhadap Ketum PAN Zulkifli Hasan yang membawa partai mendekati koalisi pemerintahan. Kata Agung, para kader PAN dan simpatisan kecewa Zulkifli mengingkari amanat kadernya.

"Kita bentuk bukan karena kecewa hasil Kongres. Tapi kecewa terhadap kebijakan Zulkifli Hasan karena mengingkari amanat pendukung agar tidak berkoalisi (dengan pemerintah)," kata Agung.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi meragukan kalau politikus senior PAN Amien Rais akan mendirikan partai politik baru. Viva Yoga meyakini, Amien Rais sangat cinta terhadap PAN.

"Saya pribadi meragukan jika Pak Amien akan mendirikan partai politik baru, mengingat besarnya cinta Pak Amien kepada PAN. Bahkan di beberapa hasil lembaga survei menyatakan bahwa terjadi hubungan tak terpisah antara PAN dan Amien Rais," kata Viva Yoga di Jakarta, Kamis (7/5).

Namun, dia mengatakan setiap warga negara Indonesia dijamin oleh konstitusi atas hak politik dan hak untuk kebebasan dalam mengemukakan pendapat dan berkumpul.

Menurut dia, apabila Amien Rais, seperti yang diberitakan media merencanakan akan membentuk partai politik baru, itu adalah hak politik Amien yang dijamin UU.

"Jika nantinya terwujud partai politik baru yang didirikan Pak Amien, maka dapat dikatakan Pak Amien Rais meninggalkan PAN, partai yang beliau dirikan," ujarnya.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Merdeka.com
Kategori:Peristiwa, Pemerintahan, Politik, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/