Home  /  Berita  /  Peristiwa

Ribuan Cacing Muncul ke Permukaan Tanah di NTB, Begini Kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram

Ribuan Cacing Muncul ke Permukaan Tanah di NTB, Begini Kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram
Ribuan cacing muncul ke permukaan tanah. (kompas.com)
Rabu, 06 Mei 2020 20:54 WIB
MATARAM - Setelah di Solo dan Bali, fenemona munculnya ribuan cacing ke permukaan tanah terjadi pula di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip dari Kompas.com, foto dan video kemunculan ribuan cacing di permukaan tanah tersebut viral di sosial media.

Sebuah akun di FB bernama Bintang Terang, dalam video siaran langsung pada Senin (4/5/2020), menampilkan gerombolan cacing muncul di pekarangan rumah warga.

''Pertanda apakah ini terjadi 4.5.2020,'' bunyi tulisan dalam akun tersebut.

Dalam video berdurasi 6 menit 4 detik itu, terlihat seorang ibu berbaju kuning duduk dan kebingungan melapisi kakinya saat berjalan di atas ribuan cacing

''Ya Allah kebanyakan cacing ini, dari mana dia datang, pakai apa nanti untuk melapisi kaki,'' kata perempuan dalam video itu, menggunakan bahasa Lombok.

Kapolsek Batukliang Utara Iptu Komang Ronaka mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di Dusun Bagek Nunggal, Desa Tratak, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

''Ya betul, kejadian terjadi di Dusun Bagek Nunggal, dekat Kantor Cat, tidak banyak yang tahu,'' kata Komang, saat dikonfirmasi, Rabu (6/5/2020).

Dituturkannya, ribuan cacing tersebut sudah menghilang, tidak ada lagi di pemukiman warga.

Belum Tentu Pertanda Gempa

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi menyampaikan, jika ada dugaan bahwa kemunculan ribuan cacing tersebut pertanda akan ada gempa, belum dapat dibenarkan.

''Fenomena cacing di daerah tersebut berdiri sendiri, tidak didukung oleh adanya bukti-bukti alamiah lain dan anomali prekursor gempa bumi,'' kata Ardhianto.

Ardhianto menyampaikan, kemunculan cacing yang terjadi di berbagai tempat di dunia menjelang terjadinya gempa besar, selalu didukung dengan data perilaku gejala alamiah lain.

Adapun perilaku yang tak lazim, biasanya seperti kemunculan ular di beberapa tempat, anjing yang terus menggonggong bersahutan, dan ikan yang melompat-lompat di dalam kolam.

Selain perilaku aneh binatang menjelang gempa bumi, para ilmuwan juga menandai adanya perubahan prekursor gempa.

Jika tidak ada data dukung lain maka munculnya cacing secara masal ke permukaan diakibatkan oleh adanya perubahan kondisi cuaca, iklim, dan lingkungan yang mendadak.

Kendati demikian karena wilayah Pulau Lombok, NTB, rawan terjadi gempa, maka Ardhianto mengimbau agar warga tetap waspada mengingat peristiwa gempa kuat dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dan belum dapat diprediksi.***

Editor:hasan b
Sumber:kompas.com
Kategori:Peristiwa
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77