Home  /  Berita  /  Tanah Datar

Ibu Muda Hamil 36 Minggu Asal Panyalaian Tanah Datar Positif Covid-19

Ibu Muda Hamil 36 Minggu Asal Panyalaian Tanah Datar Positif Covid-19
RSUD Padang Panjang. (Foto Diskominfo Padang Panjang)
Senin, 27 April 2020 22:42 WIB
PADANG PANJANG - Satu warga yang masuk daftar pasien dalam pengawasan (PDP) asal Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dan pernah dirawat di RSUD Padang Panjang dinyatakan positif terinfeksi penyakit coronavirus (Covid-19).

"Kepastiannya dari tes swab dua kali di laboratorium Unand dan keduanya menunjukkan hasil positif. Pasien sudah dirawat di RSUP M Djamil Padang," kata Direktur RSUD Padang Panjang Ardoni melalui keterangan yang dirilis Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang, Minggu (26/4/2020) malam.

Ia menerangkan pasien inisial NS (29) pertama masuk instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Padang Panjang pada Jumat (24/4) pukul 10.00 WIB dengan kelurahan nyeri punggung dan menjalar ke bagian perut.

NS juga tengah mengandung dengan usia kehamilan 36 minggu dan suami baru kembali dari Jakarta sebulan lalu.

Baca juga: Sumbar tutup seluruh perbatasan provinsi, Gubernur: suruh balik yang nekat mudik

Setelah memperhatikan kondisinya, pasien tidak memungkinkan ditangani di RSUD Padang Panjang sehingga dirujuk ke RSUP M Djamil Padang pada Sabtu (25/4) pukul 16.00 WIB.

"Setelah pemeriksaan di rumah sakit itu, Minggu (26/4) pukul 16.00 WIB diperoleh hasil labor bahwa NS positif COVID-19," katanya.

Setelah informasi tersebut, pihak rumah sakit segera menelusuri riwayat kedatangan pasien ke RSUD Padang Panjang untuk melakukan isolasi selama 14 hari terhadap petugas kesehatan yang pernah memberikan pelayanan pada pasien tersebut.

"Kami juga akan melakukan sterilisasi untuk semua ruangan yang pernah dilalui dan digunakan oleh pasien," katanya.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran mengimbau warganya agar lebih berhati-hati dan patuh dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengingat Panyalaian yang posisinya dekat dengan Padang Panjang. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Peristiwa, Sumatera Barat, Tanah Datar
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77