Home  /  Berita  /  Sumatera Barat

Warga Positif Terpapar Covid-19 di Sumbar Jadi 96 Orang, Ini Rinciannya..

Warga Positif Terpapar Covid-19 di Sumbar Jadi 96 Orang, Ini Rinciannya..
Pemeriksaan terhadap masyarakat untuk mengantisipasi Covid-19. (Ist/Antara)
Sabtu, 25 April 2020 00:25 WIB
PADANG - Jumlah orang yang positif terpapar Covid-19 di Sumatera Barat bertambah menjadi 96 orang pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hari ketiga.

"Ada penambahan 10 orang yang dinyatakan positif Covid-19 hari ini, sehingga total 96 positif," kata Juru Bicara Covid-19 Sumbar Jasman di Padang, Jumat (24/4/2020).

Berdasarkan hasil uji swab di Laboratorium Fakultas kedokteran Unand, penambahan itu terbanyak dari kota Padang enam orang, Pesisir Selatan dua orang, Kepulauan Mentawai satu orang dan untuk pertama kali dari Kota Payakumbuh satu orang.

Untuk kota Padang adalah wanita 61 tahun, ibu rumah tangga, terinfeksi karena kontak dengan warga positif sebelumnya. Saat ini pasien tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah di bawah pengawasan RS Semen Padang.

Pasien lainnya adalah pria 30 tahun, warga Aia Dingin Padang. Ia merupakan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan pasien positif sebelumnya. Saat ini pasien itu dikarantina di Bapelkes Provinsi Sumbar.

Selanjutnya, pria 60 tahun, warga Tarandam Padang, pedagang. Ia terinfeksi di Pasar Raya Padang, kini dirawat di RSUP M Jamil Padang.

Pasien lainnya, wanita 54 tahun, warga Tanah Sirah, Kota Padang, dengan pekerjaan ibu rumah tangga. Ia terpapar dari anaknya yang baru pulang dari Jakarta. Saat ini diisolasi mandiri di rumahnya.

Sementara itu seorang anak laki-laki berusia 8 tahun, warga Pagambiran, terinfeksi dari warga yang sebelumnya juga telah positif terinfeksi di Pagambiran. Saat ini pasien diisolasi mandiri di rumah.

Kemudian wanita berusia 28 tahun yang merupakan petugas kesehatan, kini diisolasi mandiri di rumahnya.

Dari Pesisir Selatan ada wanita berusia 40 tahun, warga Tarusan, tenaga kesehatan. Ia terinfeksi karena kontak dengan pasien sebelumnya yang telah dinyatakan positif. Saat ini wanita itu diisolasi di Rusunawa Painan.

Lalu wanita 36 tahun, tenaga kesehatan, warga Tarusan Pessel. ia terinfeksi dari pasien sebelumnya yang juga telah positif dan kini diisolasi di Rusunawa Painan.

Dari Kabupaten Kepulauan Mentawai ada mahasiswi berusia 19 tahun, warga Sipora Selatan. Ia terinfeksi karena kontak dengan pasien Mentawai sebelumnya yang juga telah positif terinfeksi, dan kini dirawat di RSUD Mentawai.

Kasus terbaru dari Kota Payakumbuh. Ini kasus pertama dari kota tersebut, yakni pria 59 tahun, pedagang. Ia diduga terinfeksi karena pulang dari urusan dagangnya di Pasar Aua Kuniang Bukittinggi. Saat ini ia dirawat di RS Achmad Mochtar Bukittinggi.

Disamping itu pasien yang dinyatakan sembuh pada Jumat (24/4) ini bertambah satu orang lagi dari Kota Padang, yakni wanita 78 tahun dan sekarang telah kembali berkumpul dengan keluarganya di Bunguih Taluak Kabuang.

Juga dilaporkan ada satu orang pasien RSUD Rasyidin Kota Padang meninggal dunia pukul 06.15 WIB, warga Simpang Haru Kota Padang. Pasien wanita itu berusia 62 tahun.

Dengan demikian total yang positif terinfeksi Covid-19 di Sumbar sampai Jumat (24/4) ini adalah 96 orang. Dari 96 orang tersebut, 17 orang sembuh, 10 orang meninggal dunia, 24 orang dirawat di berbagai rumah sakit dan 40 orang isolasi mandiri di rumah dan lima orang di Bapelkes Provinsi Sumbar di Padang.

Sementara itu total orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 7.312 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 300 orang. Dari 300 PDP tersebut, 44 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil uji swab di laboratorium. Sementara yang dinyatakan negatif terinfeksi Covid-19 sebanyak 242 orang dan isolasi diri di rumah 14 orang. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Umum, Peristiwa, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/