Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Pemko Payakumbuh Catat 180 Tenaga Kerja Terdampak Covid-19

Pemko Payakumbuh Catat 180 Tenaga Kerja Terdampak Covid-19
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Payakumbuh Wal Asri. (antara/akmal saputra)
Kamis, 16 April 2020 21:19 WIB
PAYAKUMBUH - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mencatat sebanyak 180 tenaga kerja di daerah itu terdampak pandemi Covid-19 pada pendataan tahap pertama.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Payakumbuh Wal Asri di Payakumbuh, Kamis (16/4/2020) mengatakan, pihaknya saat ini masih terus mendata warganya yang pekerjaannya terdampak karena Covid-19.

"Data sampai Rabu (15/4/2020), ada 180 warga yang telah terdampak, mulai dari PHK, dirumahkan dan yang pendapatannya menurun drastis semenjak adanya Covid-19," kata dia.

Untuk yang di PHK, kata dia, sampai saat ini ada sekitar 88 orang, 12 orang dirumahkan dan 80-an orang pendapatannya menurun drastis.

"Ini baru data awal, belum selesai didata semuanya. Ini akan terus didata sampai semuanya terdata," sebutnya.

Ia mengatakan seluruh tenaga kerja yang terdampak berasal dari berbagai sektor pekerjaan yang pada umumnya karyawan toko dan industri kecil menengah.

"Ada pusat perbelanjaan yang mengurangi jumlah karyawan, karena kondisi usaha yang melemah saat ini. Tapi mereka memang telah memberi pesangon kepada karyawannya," ujarnya.

Pekerja yang terdampak Covid-19 ini, kata dia, juga diminta untuk mendaftar ke kartu pra-kerja. Karena pemerintah pusat, akan menyediakan pelatihan dan insentif bagi mereka yang terdaftar di kartu pra kerja.

"Secara total masing-masing yang terdaftar itu mendapatkan Rp3.550.000 dari pemerintah pusat yang diatur peruntukannya masing-masing," ujarnya.

Selain itu, Pemko Payakumbuh juga akan memberikan bantuan kepada tenaga kerja yang terdampak tersebut dalam bentuk bantuan pangan berupa beras. Dalam memastikan orang yang akan menerima bantuan tepat sasaran, pihaknya juga melibatkan lurah, RT dan RW. (ant)

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Pemerintahan, Sumatera Barat, Payakumbuh
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77