Home  /  Berita  /  Umum

Diduga Terpapar Covid-19, Belasan Petugas Sat Narkoba Polres Bukittinggi dan Puluhan Tahanan Jalani Tes Swab

Diduga Terpapar Covid-19, Belasan Petugas Sat Narkoba Polres Bukittinggi dan Puluhan Tahanan Jalani Tes Swab
Jum'at, 10 April 2020 19:10 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Diduga terindikasi terpapar Corona (Covid-19), sebanyak 16 orang personel dari Satuan Reserse Narkoba Polres Bukittinggi, Sumatera Barat menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Keputusan untuk melakukan isolasi mandiri ini dilakukan setelah salah seorang dari tersangka narkoba yang mereka ringkus lima hari lalu di Bukittinggi, isterinya dinyatakan positif terpapar Corona Covid - 19.

"Salah seorang tersangka ini diduga kuat terpapar dari istrinya yang positif corona dan meninggal dunia. Untuk itu, semua personel ini diberikan izin untuk beristirahat di rumah saja dan melakukan isolasi mandiri guna mencegah penyebaran virus corona ini," kata Wakapolres Bukittinggi, Kompol Sumintak, Jumat 10 April 2020.

Dugaan terindikasi terpaparnya 16 orang personel ini bermula dari penangkapan yang dilakukan terhadap salah seorang tersangka narkoba di kawasan Bukittinggi. Setelah diamankan polisi, tersangka ini pun diperiksa oleh 16 petugas tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan, barulah didapatkan kabar jika istri salah seorang tersangka ini meninggal usai dirawat di RSUP DR. M. Djamil Padang dan positif terpapar Covid-19, ujarnya.

"Oleh sebab itu, setelah mendapatkan kabar demikian, kita langsung melakukan tindakan. Tindakan pertama, memisahkan tersangka tersebut dengan tahanan lain. Tindakan kedua, melakukan isolasi mandiri dan pemeriksaan terhadap 16 personel narkoba," terang Sumintak.

Selain itu, belasan personel tersebut sudah dilakukan test swab guna mengecek apakah mereka terpapar virus corona atau tidaknya. Ditambahkannya, pihak dari Polres Bukittinggi pun saat ini juga masih menunggu hasil dari laboratorium. Tak hanya petugas, tersangka lainnya yang satu sel dengan tersangka juga dilakukan tes swab, ungkap Sumintak.

Dikatakan juga oleh Sumintak, besok kita juga akan dilakukan rapid test secara menyeluruh kepada seluruh personel di Polresta Bukittinggi. Begitu juga dengan pemeriksaan terhadap keluarga 16 personel Satnarkoba tersebut. Tidak hanya itu, jajaran Polresta Bukittinggi juga meningkatkan penjagaan bagi tamu masuk di pintu gerbang mako Polres Bukittinggi.

"Saat ini kita terus melakukan pemeriksaan suhu tubuh di depan gerbang Mapolres. Ini sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut kepada orang-orang yang diduga sudah terindikasi terpapar Corona Covid - 19, pungkasnya. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77