Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Kondisi Tukul Arwana Mulai Membaik Menuju Kesembuhan
Umum
24 jam yang lalu
Kondisi Tukul Arwana Mulai Membaik Menuju Kesembuhan
2
Film Dokumenter tentang Kisah Celine Dion Segera Tayang
Umum
23 jam yang lalu
Film Dokumenter tentang Kisah Celine Dion Segera Tayang
3
Buku tentang Sejarah The Beatles Laris Usai Rilis Film Beatles
Umum
23 jam yang lalu
Buku tentang Sejarah The Beatles Laris Usai Rilis Film Beatles
4
Lewat Permainan Kreatif, Adit Taklukan Uzair di Babak Kelima
Olahraga
3 jam yang lalu
Lewat Permainan Kreatif, Adit Taklukan Uzair di Babak Kelima
5
KPU DKI Gelar Sayembara Maskot dan Jingle Pemilihan Gubernur Jakarta
Pemerintahan
3 jam yang lalu
KPU DKI Gelar Sayembara Maskot dan Jingle Pemilihan Gubernur Jakarta
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group
Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020

Aksi Suporter Lawan Covid 19 Tuai Pujian

Aksi Suporter Lawan Covid 19 Tuai Pujian
Jum'at, 03 April 2020 21:00 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Aksi nyata dilakukan beberapa kelompok suporter sepak bola Tanah Air dalam mengurangi dampak penyebaran virus corona atau Covid-19. Aksi tersebut menuai pujian dari Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Mayjen TNI (Purn) Cucu Somantri.

Tercatat suporter Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, dan PSS Sleman menggelar aksi sosial seiring semakin meluasnya Covid-19 di Indonesia.

Suporter Persija, The Jakmania mengadakan penggalangan dana. Nantinya, donasi yang diterima akan disalurkan melalui lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk kemudian diserahkan kepada tenaga medis serta pihak-pihak yang membutuhkan dalam penanganan virus corona.

Aksi galang dana The Jakmania dengan tajuk "Jaga Jakarta" ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni sumbangan langsung atau melalui pembelian kaus. 

Dalam akun media sosial infokomjakmania, Ketua Umum Jakmania Diky Soemarno mengajak warga Jakarta untuk berpartisipasi dalam penggalangan donasi. Menurutnya, banyak hal positif bisa dilakukan selain harus mematuhi anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah.

Hal berbeda dilakukan suporter Persebaya, Bonek Mania melalui Bonek Disaster Response Team (BDRT) yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa titik di Kota Surabaya. Bahkan aksi Bonek tersebut juga didukung langsung oleh istri Presiden klub, Ivo Ananda.

"Awalnya saya kaget, sampai saya pastikan ke tim fans relation, dan benar ternyata ada (BDRT) yang sedang aktif menyemprot disinfektan, jadi tanpa pikir panjang saya ingin membantu pergerakan mereka," ungkap Ivo dalam laman resmi klub.

Bertempat di Warkop Pitulikur, Ivo hadir langsung menyerahkan bantuan. Sebanyak 10 galon dengan total 250 liter cairan disinfektan diberikan kepada tim BDRT.

Aksi penyemprotan disinfektan juga dilakukan suporter PSM, Red Gank. Melalui cairan dan alat semprot bantuan dari CEO PSM Munafri Arifuddin, Bosowa dan FTI UMI, Red Gank mengadakan aksi penyemprotan disinfektan di tempat ibadah, sekolah, dan fasilitas umum di Makassar. 

Sementara itu suporter PSS, Slemania dengan hashtag #SlemaniaPeduli yang mereka gaungkan di media sosial turut bergerak dengan menggelar open donasi untuk pengadaan beberapa alat kesehatan. Tak hanya berupa donasi, Slemania juga menerima bantuan berupa botol parfum kosong, masker dan bahan pembuatan sanitizer.

Direktur Utama LIB, Mayjen TNI (Purn) Cucu Somantri memuji langkah beberapa kelompok suporter dalam kegiatan sosial. Menurutnya, aksi itu patut diapresiasi.

"Kami menaruh respek dan mengapresiasi berbagai aksi sosial suporter dalam penanggulangan wabah virus corona. Aksi-aksi positif seperti ini harus terus dijaga dan semoga wabah ini segera berakhir, sehingga suporter bisa menyaksikan lagi klub kesayangannya bertanding," ujar Direktur Utama LIB, Mayjen TNI (Purn) Cucu Somantri. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/