Loading...

Lima Warga Sumbar Positif Tertular Virus Corona, Berasal dari 4 Kabupaten dan Kota

Lima Warga Sumbar Positif Tertular Virus Corona, Berasal dari 4 Kabupaten dan Kota
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (int)
Kamis, 26 Maret 2020 19:39 WIB
PADANG - Lima warga Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif tertular virus corona. Kelima pasien tersebut berasal dari empat daerah di Sumbar.

Dikutip dari Langgam.id, tiga pasien dipastikan positif terinfeksi virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Litbang Kemenkes RI. Sedangkan dua pasien lagi terdeteksi melalui hasil pemeriksaan di laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang.

Informasi tentang jumlah pasien positif Covid-19 itu disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/3/2020). Menurut Irwan, data itu terhitung Kamis (26/3/2020) pukul 16,30 WIB.

''Litbangkes RI telah memberikan izin kepada pemerintah provinsi untuk mengumumkan kondisi pasien positif Covid-19 secara realtime,'' katanya.

Dijelaskan Irwan, lima warga Sumbar yang positif tertular virus corona itu berasal dari empat daerah, yakni 1 orang dari Kota Padang, 1 dari Pesisir Selatan, 1 dari Tanah Datar dan 2 orang dari Bukittinggi.

''Seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting, di antaranya tracing ke belakang terhadap 5 orang yang dinyatakah positif Covid-19,'' katanya.

Dikatakan Irwan, dengan telah diizinkannya Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand melakukan uji spesimen pemeriksaan swab, maka mulai hari ini dan selanjutnya seluruh masyarakat Sumbar yang termasuk ODP, PDP serta suspect Covid-19, secara bertahap diperiksa di labor tersebut.

Gubernur berharap warga Sumbar tetap menjaga jarak dan menghindari keramaian. Kemudian, rajin mencuci tangan, mengganti pakaian saat sudah berada di rumah hingga menjaga pola hidup sehat.

''Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Perantau diimbau agar menunda sementara untuk pulang kampung,'' katanya.***

Editor : hasan b
Sumber : langgam.id
Kategori : Uncategories

Loading...
www www