Loading...

Hujan Deras, 4 Rumah Tertimbun Longsor di Pesisir Selatan

Hujan Deras, 4 Rumah Tertimbun Longsor di Pesisir Selatan
Material longsor menimbun rumah warga di Pesisir Selatan, Sabtu (15/2/2020)(foto: istimewa/covesia.com)
Sabtu, 15 Februari 2020 15:38 WIB
PAINAN- Hujan deras yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat sore (14/2/2020) kemarin, mengakibatkan banjir dan juga longsor yang menimbun empat rumah.
 

Dikutip dari Covesia.com, empat rumah yang tertimbun longsor yaitu, rumah milik Asril (65 ), warga Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, Siti Afrida (51), warga Bukit Putuih, Kenagarian Talaok.

Kemudian, rumah milik Hendri Eka Putra (48) warga Kampung Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang dan Datuk Medan (56) warga Kampung Putih, Kenagarian Gurun Panjang Selatan.

Salah seorang pemilik rumah yang tertimpa longsor, Asril mengatakan, longsor menimbun dua kamar bagian belakang rumahnya serta dua unit sepeda motor miliknya juga tertimbun longsor.

"Kejadian terjadi kemarin sore, Jumat sekitar pukul 17.00 WIB, saat itu masih dalam kondisi hujan deras," katanya.

Ia menambahkan, saat ini kondisi rumahnya masih tertimbun longsor dan belum dapat dievakuasi.

"Satu unit motor saya sudah berhasil dikeluarkan dari timbunan longsor, sementara satu lagi masih tertimbun," ujarnya.

Selain longsor katanya, akibat hujan deras yang terjadi pada Jumat sore kemarin itu, juga mengakibatkan banjir di beberapa kenagarian di Kecamatan Bayang Utara.

"Sekitar puluhan rumah warga juga terendam banjir, dan banjir juga menggenangi akses jalan di sini," ujarnya lagi.

Kepala BPBD Pessel, Herman Budiarto menyebutkan, akibat intensitas hujan yang cukup tinggi yang terjadi pada kemarin itu, mengakibatkan banjir dan longsor terjadi di wilayah Pessel.

Dimana katanya, banjir terjadi di Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, dan Kecamatan Bayang Utara.

Selain banjir, akibat hujan deras juga terjadi longsor di Kecamatan Bayang Utara.

"Longsor di Bayang ada dua titik yaitu, di Kampung Gunung Cerek dan Lereng Bukit," sebutnya saat di hubungi Covesia.com, Sabtu (15/2/2020).

Ia menambahkan, akibat longsor yang terjadi di Bayang tersebut, akses jalan di Kampung Lereng Bukit tertimbun longsor dan belum bisa dilewati.

"Sekarang belum bisa dilewati, karena alat berat dari PU masih bekerja untuk membuka akses jalan," katanya.

Lanjutnya mengatakan, untuk empat unit rumah warga yang tertimbun longsor itu, tidak terlalu parah. Hanya bagian belakang rumah warga saja yang tertimbun longsor.

"Rumah warga tidak ada yang rusak parah, tertimbun dibagian belakang rumahnya saja. Setelah jalan ini dikerjakan PU nantinya juga akan membantu mengerjakan rumah yang tertimbun," tutupnya.(ind/nod/cvs)

Editor : arie rh
Sumber : covesia.com
Kategori : GoNews Group, Peristiwa, Sumatera Barat, Pesisir Selatan

Loading...
www www