Loading...

Kunjungi Toraja Utara, LaNyalla dan 4 Senator Bahas Pengembangan Pariwisata

Kunjungi Toraja Utara, LaNyalla dan 4 Senator Bahas Pengembangan Pariwisata
Jum'at, 14 Februari 2020 16:37 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
RANTEPAO - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024, La Nyalla Mattalitti bersama pimpinan dan anggota komite II DPD RI melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Kunker senator asal Jawa Timur itu dalam rangka penyerapan aspirasi dan mengetahui kemajuan pembangunan daerah melalui kegiatan ekonomi dan investasi.

Pertemuan bersama pemerintah daerah Toraja Utara dilaksanakan di Aula Hotel Misiliana Kecamatan Kesu, Rabu (12/02/2020) malam.

Dalam sambutannya, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti mengatakan, melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menampung aspirasi, masukan dari masyarakat.

"Secara khusus berkunjung dan menginap di Toraja Utara, aspirasi yang telah disampaikan melalui Bupati juga akan kami kawal," ujarnya.

Katanya, dalam pembangunan perlu mempersiapkan generasi muda dan menggugah jiwa muda dalam dunia pertanian, sesuai instruksi Presiden RI Jokowi bahwa Indonesia kedepan siap bersuasembada pangan dan itu dinilai sangat relevan.

"Sehingga sahabat saya yang hadir di tempat ini agar mari bersama-sama melakukan pengawasan terhadap Undang-undang nomor 22 tahun 2019 tentang sistem budidaya pertanian berkelanjutan," ungkap La Nyalla Mattalitti.

Lanjut Ketua DPR RI orang asli Sulsel itu menjelaskan setiap kunjungan kerja di daerah dan kegiatan investasi juga dilakukan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di daerah.

La Nyalla Mattalitti pada pertemuan itu mengagumi keindahan alam Toraja, dinilai sangat indah terutama kopi Toraja yang sudah dikenal dunia yang merupakan tantangan bagi kepala daerah untuk bagaimana menggerakan seluruh potensi yang dimiliki baik melalui SDM dan kekayaan alam dimiliki.

"Saya berterima kasih kepada pemda Toraja Utara atas undangan dan penerimaan yang hangat, undangan ini difasilitasi anggota DDP RI asal Toraja Ibu Lily Amelia Salurapa," terangnya.

Ditambahkan La Nyalla Mattaliti bahwa, ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi yang ada sekaligus wahana promosi.

Sementara Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Ketua DPD RI dan rombongan di negeri diatas awan bumi Pongtiku.

"Kita bersyukur atas sejarah baru pertama kalinya ketua DPD RI dan empat anggota DPD RI hadir di Toraja Utara, ini merupakan catatan dan momentum dimana daerah kita sudah mendapatkan perhatian, perhitungan seperti hadirnya jajaran DPD RI," ucapnya.

Kalatiku melaporkan, dalam waktu 11 tahun setelah pemekaran dari kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara sudah memiliki dua periode pemerintahan.

"Dan saya adalah periode kedua, saat ini daerah yang memiliki potensi pariwisata, sehingga kebijakan kami bersama wakil bupati ialah mengambil kebijakan kami terkait pariwisata," ungkap Kalatiku.

Lanjutnya, pemerintah daerah saat ini menyelesaikan akses infrastruktur menuju pariwisata, ditunjang penyelesaian bandara guna penunjang wisatawan berkunjung ke Toraja, sehingga memilih kebijakan pariwisata sebagai mata rantai penunjang.

"Selain itu sektor pendidikan dalam evaluasi badan penjaminan mutu pendidikan di Sulsel mendapatkan posisi lima besar dalam dua tahun ini," terangnya.

Diterangkan Kalatiku, upaya Pemkab Toraja Utara dalam mengembangkan kegiatan ekonomi sosial budaya berhasil meningkatkan empat jalan provinsi.

Serta melaporkan Pemkab Toraja Utara juga mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

Bupati Kalatiku Paembonan menyematkan Passapu (topi Toraja) dan sarung sebagai penghargaan Tokoh Kehormataan kepada La Nyalla Mattalitti.

Sebelum kembali ke Jakarta, Ketua DPD RI dan rombongan akan menyempatkan waktu mengunjungi dan menikmati keindahan negeri diatas awan di objek wisata To Tombi.

Hadir pula pada kegiatan Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Zaenal Arifin, Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajati Kusuma, Sekda Toraja Utara Rede Roni Bare, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag Sekab Toraja Utara, Camat dan stakeholder terkait.

Rombongan yang hadir mendampingi Ketua DPD RI yakni, Anggota DPD RI Sulsel, Lily Amelia Salurapa, Anggota DPD RI Kalimantan Utara, Hasan Basri,
Anggota DPD RI Sulawesi Barat, Ajbar dan Anggota DPD RI Bangka Belitung, Alexander Fransiscus.***


Loading...
www www