Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sampaikan Aspirasi, Perwakilan DPRD Tasikmalaya Sambangi DPD RI

Sampaikan Aspirasi, Perwakilan DPRD Tasikmalaya Sambangi DPD RI
Kamis, 30 Januari 2020 16:30 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - DPD RI menerima aspirasi DPRD Kota Tasikmalaya terkait percepatan pembangunan daerah di kota Tasikmalaya.

Pertemuan antara DPD RI dengan DPRD Kota Tasikmalaya diselenggarakan di ruang rapat Komite IV Komplek Parlemen Senayan, Kamis (30/1).

DPD RI yang diwakili oleh Anggota DPD RI dari Jawa Barat Asep Hidayat mengatakan keberadaan DPD RI sebagai jembatan untuk menyampaikan aspirasi ke Pemerintah Pusat sesuai kewenangan dan kemampuan yg dimiliki. "Pada era otonomi daerah ini ada perlombaan menyampaikan aspirasi ke pusat," ujarnya.

Ia mengatakan sebagai senator asal Jawa Barat, misi dan tanggung jawabnya adalah di bidang sosial. "Misi dan tanggung jawab saya di DPD RI juga untuk misi sosial, jadi lebih gampang bagi saya menyentuh di bidang sosial. Di DPD saya bertugas di Badan Akuntabilitas Publik, ini semacam tempat mediasi bagi orang daerah," ungkapnya.

Asep selaku anggota Komite IV DPD RI menjelaskan kepada DPRD Kota Tasikmalaya untuk dapat menyampaikan anggaran yang dibutuhkan ke Komite IV. "Sebagai contoh saat ini di Komite IV di bidang anggaran sedang membahas RUU Investasi dan Penanaman Modal Daerah. Kemarin ke Kalimantan menggali informasi ternyata ada hambatan-hambatan seperti masalah regulasi perizinan, perpajakan, dan tenaga kerja," jelasnya.

Untuk aspirasi pembangunan infrastruktur, masuk dalam kewenangan Komite II. Namun lebih lanjut Asep menjelaskan akan membawa aspirasi tersebut. "Walaupun saya bukan Komite II tetapi kami biasa menitipkan aspirasi lintas komite. Silakan diinventarisir dan dipilih programnya yang akan disampaikan," terangnya.

Selain itu, Asep juga berjanji akan menindaklanjuti aspirasi dalam bidang keagamaan. "Untuk pesantren sekarang ada program pembinaan wilayah kepesantrenan oleh Kementerian Koperasi dan UKM," ujarnya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Bagas Suryono menyatakan percepatan pembangunan di Kota Tasikmalaya diperlukan karena APBD masih kurang memadai.

"Tasikmalaya adalah juga dapil dari Bapak Asep, kami sampaikan butuh anggaran infrastruktur karena ada dua jembatan yang usianya sudah tua," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Eti Guspitawati dalam pertemuan tersebut meminta agar DPD RI membantu anggaran di bidang sosial. "Kami butuh untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Tasikmalaya," katanya.

Aspirasi juga disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Nurul Awali khususnya mengenai anggaran di bidang keagamaan. "Kota Tasikmalaya ini terkenal dengan kota santri yang religius, kami butuh anggaran untuk menghidupkan nuansa keagamaan di kota Tasikmalaya," jelasnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Tasikmalaya Yono S Karso yang juga hadir dalam pertemuan tersebut memaparkan bahwa Kota Tasikmalaya defisit anggaran. Lebih lanjut ia berharap agar DPD bersama Pemerintah Pusat membantu anggaran tersebut atau membantu menyalurkan aspirasi untuk menaikkan anggaran.

"Kami mengajukan pembangunan taman dan air bersih karena PDAM baru melayani 23% kebutuhan penduduk," tegasnya.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/