Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sinergi BAZNAS, Qurma.id dan Narobil Bangkitkan Semangat Relawan Zakat Jelang Ramadhan

Sinergi BAZNAS, Qurma.id dan Narobil Bangkitkan Semangat Relawan Zakat Jelang Ramadhan
Kantor BAZNAS di Matraman, Jakarta Timur. (Foto: Zul/GoNews.co)
Rabu, 29 Januari 2020 18:01 WIB
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membangkitkan kembali semangat para relawan zakat dalam menyambut momentum Ramadhan 1441 yang dikemas lewat acara ngobrol santai "Bincang Zakat" di Aula BAZNAS, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (29/1/2020).

Dihadiri kurang lebih 150 peserta, kegiatan ini diisi oleh Kepala Divisi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nasional BAZNAS Faisal Qosim, Lc, Kepala Divisi Retail Nasional BAZNAS Fitriansyah Agus Setyawan serta perwakilan dari Qurma.id dan Narobil.

Fitriansyah mengatakan, Ramadhan menjadi Bulan yang penting bagi pengelola zakat dalam memberikan layanan kepada para muzaki dan mustahik.

"Bersama para relawan muda yang dengan ikhlas berjuang menegakkan syiar zakat, BAZNAS meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan zakat pada Bulan Ramadan dimana masyarakat berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah dan mengamalkan amalan sholehnya," katanya.

Fitriansyah menambahkan dengan digelarnya acara ini dapat meningkatkan motivasi para relawan dalam pengumpulan zakat di bulan Ramadhan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi para mustahik.

“Kami menanamkan kembali kepada para relawan mengenai peran zakat, infak, sedekah dalam membantu mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Lewat ngobrol santai, sharing, dan pemberian motivasi ini diharapkan para peserta akan bertambah ilmu dan pengetahuan untuk diamalkan bukan hanya selama bertugas sebagai relawan namun juga dalam kehidupan sehari-hari mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Founder Qurma.id, Hanno menyatakan, pihaknya ingin melibatkan relawan BAZNAS dalam meningkatkan perekonomian umat lewat program "Masjid Corner".

"Masjid Corner adalah sebuah program pembangunan ekonomi keumatan berbasis masjid yang bekerja sama secara khusus dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Pada kesempatan ini kami mengajak seluruh relawan BAZNAS untuk berkolaborasi dengan Masjid Corner,” ujar dia.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bisnis Development Narobil, Heineman Achmad. Heineman menuturkan ingin melibatkan relawan menjadi Agent Narobil untuk ikut membantu memudahkan masyarakat melakukan transaksi keuangan termasuk di dalamnya melaksanakan pembayaran kurban.

“Dengan melibatkan relawan BAZNAS sebagai Agent Narobil selain fokus utama mensyiarkan zakat dan melayani mustahik, kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemasukan para relawan,” ujarnya.

Tambahan informasi, BAZNAS adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah terbentuk di 548 daerah (34 tingkat Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota).***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Umum, Ekonomi, Pemerintahan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77