Home  /  Berita  /  GoNews Group

Legislator Menilai, Yasonna Laoly Baiknya Cuti dari Kemenkumham

Legislator Menilai, Yasonna Laoly Baiknya Cuti dari Kemenkumham
Dok. GoNews.co
Rabu, 29 Januari 2020 16:55 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Aboebakar Alhabsyi menanggapi dicopotnya Dirjen Imigrasi Ronny Sompie pasca terjadinya delay data perlintasan tersangka kasus dugaan korupsi, Harun Masiku di Bandara Soekarno Hatta.

Kata Aboebakar dalam siaran persnya Rabu (29/1/2020), Menkumham menyampaikan bahwa pencopotan Ronny Sompie merupakan buntut kasus HM, hal ini terkait adanya delay data perlintasan di Bandara Soekarno Hatta. Karenanya, tak hanya Ronny namun juga Direktur Sistem Teknologi Informasi Keimigrasian juga dicopot oleh Menkumham.

Menurut Menkumham, Ronny dicopot agar tim independen yang dibentuknya dapat bekerja dengan maksimal.

"Saya memahami, barangkali Menkumham mencoba bertindak secara terbuka sehingga membentuk tim yang berasal dari Kemenkominfo, BSSN, Bareskrim Polri dan Ombudsman untuk menyelidiki terjadinya kesimpangsiuran informasi yang disebabkan oleh delay-nya sistem di Dirjen Imigrasi," kata Baoebakar.

Namun di sisi lain, lanjut politisi PKS ini, publik melihat bahwa Yasonna ikut serta dalam konferensi pers saat mengumumkan tim advokasi di PDIP. "Artinya pada kasus ini Yasona dianggap memiliki konflik kepentingan,".

"Meskipun beliau tidak masuk dalam tim advokasi, namun beliau yang membentuknya," ujar Aboebakar.

Logika publik, menurut Aboebakar, tentunya akan berfikir, ini terjadi keanehan; saat Yasonna sebagai Ketua DPP Bidang Hukum dan HAM (PDIP, Red) membentuk tim advokasi, disisi lain sebagai Menkumham membentuk tim investigasi.

"Pasti publik akan mempertanyakan kondisi ini, apa yang sebenarnya dicari oleh tim ini," tandas Aboebakar.

Menurutnya, akan lebih baik jika tim ini bukan dibuat oleh Menkumham. "Atau barangkali Menkumham memilih mengajukan cuti untuk menghindari konflik kepentingan,".***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Hukum, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/