Home  /  Berita  /  GoNews Group

Zulhas Ngotot Maju, Sondia Warman: PAN Punya Tradisi Ketum hanya Satu Periode

Zulhas Ngotot Maju, Sondia Warman: PAN Punya Tradisi Ketum hanya Satu Periode
Jum'at, 17 Januari 2020 19:19 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Mantan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pekanbaru, periode 2010 - 2015, Sondia Warman, menyangkan sikap Zulkifli Hasan yang ngotot kembali maju di bursa Caketum PAN pada Kongres 2020.

Karena menurutnya, tradisi di tubuh partai yang didirikan Amien Rais itu, jabatan ketua umum hanya satu periode.

"Walaupun tidak tertuang dalam AD/ART, namun PAN selama ini punya tradisi jabatan ketum itu hanya 1 periode dan tradisi itu sudah sangat dipahami dan diamini oleh pengurus selama ini. Hal inilah yang selalu dijaga Pak Amien Rais," ujarnya kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Sondia Warman juga mengaku kecewa dengan sikap Zulkifli Hasan yang terkesan bertindak semaunya sendiri.

Hal ini kata Dia, bisa dilihat dari penentuan tanggal dan lokasi Kongres PAN yang akan digelar tahun ini. "Kongres itu merupakan keputusan tertinggi di partai politik. Harusnya, dalam mengambil keputusan, dimulai dulu dengan musyawarah dan kesepakatan bersama yang diputuskan bersama pula," tegasnya.

Zulkifli Hasan kata Dia, tidak boleh mengambil keputusan sepihak, apalagi keputusan besar seperti penentuan pelaksanan kongres.

"PAN ini partai yang sangat dikenal dengan istilah musyawarah mufakat dalam mengambil suatu keputusan," tandasnya.

Sondia Warman, yang termasuk ikut mendirikan Partai PAN pada tahun 1998 itu menambahkan, dengan mengambil keputusan sepihak, justeru akan menimbulkan perpecahan.

"Kita ini partai yang dikenal dengan tingkat persaudaraan yang sangat tinggi, jangan sampai terpecah belah karena nafsu jabatan seseorang," pungkas pendiri BM PAN Riau ini.

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, Kongres PAN akan digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara pada 12 Februari 2020.
"Nanti kira-kira tanggal 12 Februari. Lagi dikonfirmasi tempat, hotel segala macam. Tapi kira-kita tanggal 12, di Sulawesi Tenggara," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Adapun, Kongres PAN akan mengagendakan pemilihan ketua umum. Saat ini, kandidat yang dipastikan maju sebagai calon ketua umum adalah Zulkifli Hasan, Asman Abnur dan Mulfachri.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77