Loading...
Home >  Berita >  Umum

'Riuh' Orang Dekat Pemprov Riau Duduki Jabatan Tertentu, Irvan Herman: "Move On lah!"

Riuh Orang Dekat Pemprov Riau Duduki Jabatan Tertentu, Irvan Herman: Move On lah!
Foto: Dok. GoRiau.com
Sabtu, 11 Januari 2020 11:04 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
PEKANBARU - Pelantikan sejumlah orang yang dinilai dekat dengan Gubernur Riau Syamsuar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid, menjadi pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, dipolemik. Wasekjen DPP PAN, Irvan Herman pun, angkat bicara.

Menurut Irvan, tidak ada masalah dengan pelantikan setiap orang, "asalkan yang bersangkutan profesional dan siap dievaluasi kinerjanya secara transparan,".

"Yang monitoring kan banyak, apa lagu kita punya DPRD yang bisa memonitor hal ini," ujar Irvan kepada wartawan, Sabtu (11/1/2020).

Setiap orang pada dasarnya memiliki hak yang sama untuk bisa berkarya, "selama amanah dan tidak memanfaatkan situasi yang ada,". Kita, kata Irvan, "jangan under estimate dulu,".

"Kita tes dulu laah, dan kita lihat! Saya yakin Pak Gubernur dan Pak Wagub kita, orang yang profesional dan ahli di bidangnya," ujar tokoh muda Riau ini.

Secara aturan, Irvan menjelaskan, tidak ada yang melarang pelantikan orang-orang yang disoal itu, "sepanjang persyaratan cukup, dan latar belakang pendidikan serta pengalaman memenuhi, why not!".

Ia malah balik menduga, pemberitaan miring yang ada hanya manuver politik dari pihak tertentu.

"Saya yakin hanya ada kelompok yang iri saja dengan hal ini. Ayo move on lah dan kita dukung serta kasih kesempatan pemimpin kita untuk membangun," ujar Irvan.

Sebelumnya, kompas.com memberitakan, Pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menjadi perbincangan publik belakangan ini.

Pasalnya, sejumlah nama-nama pejabat yang dilantik itu terdapat keluarga dekat Gubernur Riau Syamsuar dan keluarga Sekretaris Daerah (Sekda) Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid.

Pelantikan para pejabat tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Aula Menara Dang Merdu Bank Riau-Kepri, Selasa (7/1/2020).

Setidak terdapat 737 pejabat eselon III dan IV Pemprov Riau yang dilantik, termasuk pejabat fungsional seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Riau dan beberapa pejabat pindahan dari kabupaten dan kota di Riau.

Data yang dihimpun Kompas.com, dari daftar pejabat yang dilantik terselip nama menantu Gubernur Riau Tika Rahmi Syafitri yang dilantik sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) Retribusi di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau.

Sebelumnya, Tika hanya staf biasa di Bapenda Riau.

Selain menantu, dua orang ajudan Syamsuar yakni Raja Jehan Saputra diberikan jabatan sebagai Kasubag Hubungan Keprotokolan, dan Alfi Sukrila sebagai Kasubag Tamu, Kepala Bagian Protokol, Biro Adpim Setdaprov Riau.

Tak hanya orang terdekat gubernur Riau, keluarga Sekda Riau Yan Prana Jaya juga dapat jabatan.

Istri Yan Prana, Fariza dilantik sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau.

Fariza sebelumnya hanya staf di BKD Riau.

Abang kandung sekda Riau, Prasurya Darma diangkat sebagai Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Riau, sebelumnya hanya staf di Bagian Kerjasama Biro Humas Protokol dan Kerjasama Setdaprov Riau.

Tak hanya Prasurya Darman, Dedi Herman, yang merupakan adik sekda Riau dilantik sebagai Kabid Ops Satpol PP Riau.

Tak sampai disitu, seorang ajudan Sekda Riau, Rogi juga dapat jabatan.

Rogi dilantik sebagai Kasubag Penggunaan Pengamanan dan Pemeliharaan Aset Sekda Bagian Administrasi Keuangan dan Umum Sekdaprov Riau.

Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/1/2020), membenarkan adanya nama-nama keluarga gubernur dan sekda Riau dalam perombakan struktur jabatan di Pemprov Riau itu.

"Iya (ada) itu kan enggak ada masalah enggak melanggar aturan," kata Ikhwan.***

Kategori : Umum, Pemerintahan, Politik

Loading...
www www