Loading...
Home >  Berita >  Bukittinggi

Sambut UMKM Sumbar Bangkit, Pengurus Hipmikimdo DPC Kota Bukittinggi dan Agam Dilantik di Istana Bung Hatta

Sambut UMKM Sumbar Bangkit, Pengurus Hipmikimdo DPC Kota Bukittinggi dan Agam Dilantik di Istana Bung Hatta
Pengurus Hipmikimdo DPC Kota Bukittinggi dan DPC Kabupaten Agam Dilantik di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Kamis 2 Januari 2020.
Kamis, 02 Januari 2020 23:32 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Pengurus Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKIMDO) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Bukittinggi dan DPC Kabupaten Agam periode 2020-2025 resmi dilantik di Aula Gedung Istana Bung Hatta, Bukittinggi, oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hipmikimdo Sumbar, Devi, Kamis 2 Januari 2020.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumbar, Zirma Yusri secara resmi membuka membuka agenda pelantikan pengurus DPC Bukittinggi dan Kabupaten Agam ini.

Dalam sambutannya Zirma Yusri menyebutkan, program pengembangan kewirausahaan ini dalam jangka panjang bertujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi Indonesia dan Sumatera Barat khususnya.

Disebutkan juga oleh Zirma, saat ini, jumlah wirausaha Indonesia grafiknya terus meningkat setiap tahunnya. Walaupun jumlah tersebut masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang masing-masing mencapai 5 persen dan 7 persen.

Bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat perbandingannya lebih jauh lagi. Di Jepang, komposisi wirausahanya mencapai 10 persen dan Amerika Serikat mencapai 12 persen dari total populasi, sebutnya.

Menurut Zirma Yusri, berdasarkan Survey Global Entrepreneurship Monitor (GEM) tentang keinginan berwirausaha di Indonesia menunjukkan, Indonesia menempati peringkat kedua negara ASEAN yang memiliki keinginan tertinggi untuk berwirausaha setelah Filipina. Di belakang Indonesia terdapat negara Vietnam, Thailand, Singapura dan Malaysia.

“Hal itu mencerminkan sebuah keoptimisan bahwa Indonesia dapat berkembang menjadi kekuatan ekonomi baru dengan mengoptimalkan semangat kewirausahaan. Sebab, untuk menjadi sebuah negara dengan ekonomi yang maju, negara tersebut paling tidak perlu memiliki jumlah wirausaha minimal 2 persen dari total populasinya. Kita harapkan di Sumatera Barat para pelaku UMKM ini mampu untuk bersaing di situasi global saat ini,"ungkap Zirma.

Sementara itu Ketua DPD Hipmikimdo Provinsi Sumatera Barat, Devi juga menyebutkan, saat ini kita mencoba untuk terus berkomunikasi dengan seluruh pelaku wirausaha di wilayah Sumatera Barat. Terutama mereka pelaku wirausaha UMKM yang sudah bergabung dalam wadah Hipmikimdo, ujarnya.

Saat ini menurut Devi, sudah ada sekitar 2000 an orang pelaku wirausaha di Sumatera Barat yang telah bergabung dengan Hipmikimdo Sumatera Barat. Insya Allah, kita akan berupaya mengakomodir semua hal yang berkaitan dengan segala persoalan mendasar yang selama ini menjadi kendala dan menghambat kemajuan pelaku wirausaha, terutama yang bergerak di sektor UMKM, ucapnya.

Senada, Ketua Hipmikimdo DPC Bukittinggi, Afryanoes Remoelba juga menambahkan, pelaku wirausaha di Kota Bukittinggi ini jumlahnya cukup banyak. Kita tahu, Kota Bukittinggi dikenal sebagai Kota Perdagangan dan Jasa. Ada ribuan pelaku wirausaha yang belum terorganisir dengan baik. Antusias para wirausaha pelaku UMKM bisa kita lihat dengan kehadiran mereka dalam momentum pelantikan Pengurus DPC Hipmikimdo Bukittinggi dan Agam dan kegiatan seminar wirausaha yang kita gelar khusus untuk pelaku UMKM di Kota Bukittinggi, ulasnya.

Lebih lanjut menurut Afryanoes, DPC Hipmikimdo Bukittinggi walaupun baru saja dikukuhkan pada hari ini, namun jumlah anggota yang mendaftar di DPC Hipmikimdo Bukittinggi sudah mencapai sebanyak 500 orang pelaku wirausaha. Artinya, wadah organisasi Hipmikimdo diharapkan para pelaku UMKM di Bukittinggi mampu menfasilitasi segala hal yang berkaitan dengan kegiatan yang tengah mereka jalani saat ini, tukuknya.

Sekretaris DPC Hipmikimdo Bukittinggi, Dian Putra dan Bendahara DPC Hipmikimdo Bukittinggi, Rahmat Nasir juga didaulat untuk memberikan testimoni mereka selaku pelaku wirausaha yang tergolong sukses pada peserta seminar. Dalam kesempatan itu, mereka berdua menceritakan berbagai suka duka dan pengalamannya sebagai pelaku wirausaha. Saat berbagi pengalaman sebagai wirausaha, mereka berdua menuturkan bahwa memulai usahanya dengan bekerja menjadi anak buah orang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu mereka mencoba untuk mandiri berwirausaha dengan modal yang sangat terbatas. Tentu saja harus berkutat dengan lapak-lapak kecil dan berpindah-pindah tempat selama bertahun-tahun. Namun, karena kegigihan dan keuletan mereka, usaha yang mereka tekuni pun akhirnya membuahkan hasil, yang kemudian menghantarkan mereka menjadi wirausaha yang tergolong mapan di bidangnya masing-masing.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Hipmikimdo Sumatera Barat, Martias Tanjung dalam sambutannya juga mengaku sangat mengapresiasi antusias para pelaku wirausaha sektor UMKM di Sumatera Barat. Hal ini terlihat jelas dengan membludaknya pelaku wirausaha sektor UMKM yang hadir pada acara pelantikan pengurus DPC Hipmikimdo Bukittinggi dan Agam. Mereka juga terlihat membawa sampling kegiatan UMKM yang telah mereka lakoni pada acara ini. Selain itu, agenda seminar kewirausahaan ini juga cukup diminati pelaku UMKM, ucapnya.

"Sudah saatnya pelaku wirausaha UMKM Sumbar bangkit, karena seperti kita ketahui orang Sumbar sangat identik dengan pelaku perniagaan. Baik dalam skala kecil, menengah maupun besar, ujarnya. Sembari berdoa dan berusaha semaksimal mungkin, kita targetkan tahun 2020 ini menjadi momentum tahun kebangkitan para pelaku wirausaha sektor UMKM di Sumatera Barat. Khususnya tentu saja bagi pelaku wirausaha yang telah bernaung di bawah bendera Hipmikimdo Sumbar, "tuturnya.

Sementara itu pemateri dan narasumber seminar juga berasal dari kalangan tokoh wirausaha yang sukses, seperti Mantan Ketua PHRI Bukittinggi yang juga pernah menjadi GM beberapa hotel berbintang di Kota Bukittinggi, Syafroni Falian, Mantan Anggota DPRD Kota Bukittinggi, Tuanku Rismaidi, Kepala Cabang Bank BRI Bukittinggi, Iqbal, Pelaku Wirausaha sukses yang juga pemilik RM Simpang Raya, Bukittinggi, Syahrul Anggun.(**)


Loading...
www www