Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Bernard van Aert Resmi Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
13 jam yang lalu
Bernard van Aert Resmi Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
2
PERBASI Panggil 14 Pemain untuk Ikut TC Tahap Kedua Timnas Basket U-18 Putri di Bali
Olahraga
13 jam yang lalu
PERBASI Panggil 14 Pemain untuk Ikut TC Tahap Kedua Timnas Basket U-18 Putri di Bali
3
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
Olahraga
2 jam yang lalu
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
4
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
Olahraga
2 jam yang lalu
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

14 Anggota DPRD Sumbar Dukung Interpelasi Gubernur Irwan Prayitno

14 Anggota DPRD Sumbar Dukung Interpelasi Gubernur Irwan Prayitno
Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade (tengah) didampingi Ketua DPRD Sumbar Supardi (kiri) dan Ketua Fraksi Gerindra Hidayat (kanan). (foto: PERDANA PUTRA/KOMPAS.COM/TribunPadang.com)
Minggu, 22 Desember 2019 19:32 WIB
PADANG - Sebanyak 14 anggota DPRD Sumatera Barat dari Partai Gerindra mendukung interpelasi terhadap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno karena sering kunjungan ke luar negeri.

Dikutip dari TribunPadang.com, mereka adalah Supardi, Hidayat, Ismunandi, Desrio Putra, Evi Yandri, Tri Suryadi, Jempo, Yunisra Syahiran, Khairuddin Simanjuntak, Nurkhalis, Mesra, Syafruddin Putra, Mario Syahjohan dan Muchlis Yusuf Abit.

"Ada 14 orang anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar yang solid mendukung penggunaan hak interpelasi terhadap gubernur," kata Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade kepada Kompas.com, Minggu (22/12/2019) di Padang seperti dilansir Tribunnews.


Andre Rosiade mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Fraksi Gerindra Sumbar Hidayat dan Ketua DPRD Sumbar Supardi.

"Kita sudah rapat dengan ketua fraksi dan ketua DPRD. Selanjutnya, mereka yang akan menggulirkan penggunaan hak interpelasi ini di dewan," jelas Andre.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Hidayat mengatakan, pihaknya siap menjalin komunikasi dengan fraksi lain untuk mengajukan hak interpelasi tersebut.

"Syarat mengajukan itu minimal 10 anggota dewan dari dua fraksi. Kemudian dibawa ke Badan Musyawarah DPRD dan diparipurnakan," kata Hidayat.

Jika mayoritas anggota DPRD Sumbar setuju, maka hak interpelasi menjadi hak anggota dewan untuk meminta penjelasan kepada gubernur.

Hidayat menyebutkan, penggunaan hak interpelasi ini hanya meminta penjelasan gubernur terhadap kebijakannya yang sering ke luar negeri dan bukan untuk pemakzulan gubernur.

"Perlu diketahui bahwa hak interpelasi ini bukan memakzulkan gubernur. Kita hanya memanggil untuk meminta penjelasan," kata Hidayat.

Gubernur Sumbar Jadi Sorotan

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade menyorot kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang dalam tahun ini sudah sampai 12 kali.

Salah satu kunjungan kerja yang paling disorot adalah ketika Irwan berangkat ke luar negeri saat sejumlah daerah di Sumatera Barat dilanda bencana banjir dan longsor.

Untuk itu, Andre meminta Fraksi Gerindra DPRD Sumbar untuk menggunakan hak interpelasi meminta penjelasan gubernur.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tidak mempermasalahkan DPRD Sumbar melakukan interpelasi terhadap dirinya.

Irwan menegaskan semua kunjungannya ke luar negeri sudah sesuai aturan.

Selain mengantongi izin, Irwan sepulang dari luar negeri pun menyusun laporan dan membawa manfaat untuk daerahnya. (Kompas.com/Perdana Putra/tpc)

Editor:arie rh
Sumber:tribunpadang.com
Kategori:GoNews Group, Politik, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/