Loading...

Jelang Pilkada 2020 Legislator PKS Minta Wartawan Netral

Jelang Pilkada 2020 Legislator PKS Minta Wartawan Netral
Ist.
Rabu, 04 Desember 2019 18:09 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Thoriq Hidayat berharap, wartawan Indonesia bisa menjalankan tugasnya dalam bingkaian moral, menyusul informasi dari Dewan Pers bahwa “Wartawan adalah pihak yang paling dekat dengan hoaks dan berita negatif yang menjadi sesuatu yang laku untuk dijual,".

"Kami mengapresiasi apa yang telah disampaikan oleh Dewan Pers. Mudah-mudahan bingkai moral ini menjadi “ruh” bagi semua pihak, sehingga wartawan bisa menyajikan informasi yang benar dan dapat menjadi penyambung lidah bagi siapapun," katanya usai gelaran rapat dengan Dewan Pers, Selasa (3/12/2019).

Dengan kerja-kerja yang dilakukan dalam bingkai moral itu, wartawan juga diharapkan bisa menjaga netralitasnya. Terlebih, Indonesia tengah bersiap untuk gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

“Netralitas wartawan ini menjadi sesuatu yang penting dan jangan sampai dicederai oleh oknum tertentu," tegas Thoriq.

Untuk itu, Politisi PKS ini memungkasi, “Dewan Pers perlu mengupayakan adanya peningkatan sumber daya manusia pers,".

Sebagai tambahan informasi, Dewan Pers merupakan sebuah Lembaga Independen yang berfungsi untuk mengembangkan dan melindungi kehidupan pers di Indonesia yang diatur dalam UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Dewan Pers memiliki fungsi antara lain: Melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain, dan melakukan pengkajian untuk pengembangan kehidupan pers, menetapkan dan mengawasi pelaksanaan kode etik jurnalistik.***

Editor : Muhammad Dzulfiqar
Kategori : GoNews Group, Pemerintahan, Politik

Loading...
www www