Loading...
Home >  Berita >  Umum

DPR: Insfratuktur dan Fasilitas Embarkasi Haji Riau Sudah Representatif

DPR: Insfratuktur dan Fasilitas Embarkasi Haji Riau Sudah Representatif
Anggota Baleg DPR RI Endang Maria Astuti
Rabu, 04 Desember 2019 23:09 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Anggota Baleg DPR RI Endang Maria Astuti menilai fasilitas dan infrastruktur Embarkasi Haji Antara Riau sudah representatif. Baik ruang tidur, ruang makan dan fasilitas lain dinilai sudah cukup bagus. Namun ia mendorong adanya penghijauan di area embarkasi, sehingga menambah suasana yang lebih asri.

"Menurut saya perlu penghijauan di area luar, karena masih gersang. Apalagi iklim di Riau panas. Ditambah jemaah kita banyak yang lansia, jika kekurangan oksigen dikhawatirkan bisa memicu penyakit," ungkap Endang, Rabu (4/12/2019).

Hal ini dikatakan Endang, setelah dirinya bersama Anggota Komisi VIII DPR periode 2014-2019 melihat langsung Embarkasi Haji di Riau pada Senin (01/4/2019) yang lalu.

"Saat itu saya ke Riau mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI yang kebetulan meninjau Embarkasi Haji Antara Riau, Pekanbaru," tukasnya.

Sinergi antara pemerintah provinsi (pemprov) dan Kementerian Agama untuk mempersiapkan sejumlah fasilitas pendukung tersebut menurut Endang sangat diperlukan, agar nantinya menjadi lebih matang. "Syarat utamanya sudah terpenuhi hanya saja tingkat kenyamanan perlu didiskusikan. Namun itu bukan lagi halangan karena secara umum sudah memenuhi standar embarkasi haji antara," tandasnya.

Dengan dioperasikannya Embarkasi Haji Antara Riau, maka nantinya calon jemaah Haji dari Provinsi Riau tidak lagi perlu menginap di Batam, Kepulauan Riau. Politisi daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah IV itu menilai, hal ini dapat lebih memudahkan dan sangat membantu meringankan beban calon jemaah Haji.

"Melalui Embarkasi Haji Antara Riau ini juga menguntungkan bagi jemaah Haji yang ada di dua belas kabupaten kota se-Riau, daripada mereka harus membeli tiket dan menggunakan kendaraan sendiri ke Batam, tentu jauh lebih sulit kondisinya," jelas politisi Partai Golkar ini.

Untuk itu Endang mengimbau kepada Kementerian Agama untuk segera menerbitkan SK Embarkasi Haji Antara. Dirinya juga mendorong Direktorat Jenderal Penyelenggaran Ibadah Haji dan Umrah (Ditjen PHU) untuk segera merealisasikan embarkasi secepatnya.

"Komunikasi tentunya berjalan dan tidak berhenti. Kita terus follow up Ditjen PHU, sehingga Pemprov Riau bisa lebih matang mempersiapkan layanan jemaah Haji ini,” imbuhnya.***


Loading...
www www