Home  /  Berita  /  GoNews Group

Osvaldo Hattrick, Garuda Muda Hajar Brunai 8 Gol di SEA Games Filipina

Osvaldo Hattrick, Garuda Muda Hajar Brunai 8 Gol di SEA Games Filipina
Selasa, 03 Desember 2019 22:10 WIB
JAKARTA - Osvaldo Haay menjadi bintang pada laga keempat Grup B SEA Games 2019 antara timnas U-23 Indonesia vs Brunei Darussalam. Osvaldo mencetak tiga gol alias hattrick untuk membuat Indonesia menang telak 8-0.

Laga timnas U-23 Indonesia vs Brunei ini berlangsung di Stadion Sepak Bola Binan, Selasa (2/12/2019). Tiga gol Osvaldo dicetak pada menit ke-11, 46', dan 72'. Torehan itu membuat koleksi Osvaldo di SEA Games 2019 kini menjadi lima gol.

Adapun lima gol Indonesia lainnya dicetak gol Egy Maulana Vikri (40', 81'), Saddil Ramdani (49'), Witan Sulaeman (68'), dan Andy Setyo (77'). Kemenangan ini membuat Indonesia naik ke peringkat kedua klasemen dengan koleksi sembilan poin. Indonesia berhak atas posisi kedua karena unggul selisih gol dari Thailand di peringkat tiga.

Di laga lain, Vietnam menang 1-0 atas Singapura. Vietnam tetap memimpin klasemen Grup B dengan koleksi 12 poin. Jalannya pertandingan: Laga ini berjalan dengan tempo sedang pada awal babak pertama. Kedua tim terlihat masih beradaptasi dengan lapangan Stadion Binan yang masih basah.

Indonesia yang menurunkan trio Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Osvaldo Haay terlihat sudah panas sejak awal. Pada menit ke-11, Osvaldo Haay sukses membuka keunggulan untuk Indonesia.

Gol ini berawal dari umpan panjang Evan Dimas ke arah Saddil Ramdani yang sudah berlari di sisi kanan. Saddil kemudian memberi umpan silang ke kotak penalti yang langsung disambar Osvaldo Haay dengan kaki kanannya.

Memasuki menit ke-20, Indonesia mulai mampu menguasai pertandingan. Kombinasi umpan pendek antarpemain Indonesia sudah mulai terlihat. Meski menguasai laga, Indonesia masih kesulitan untuk menembus pertahanan Brunei. Beberapa kali pemain Indonesia terlihat terburu-buru saat menyerang sehingga sering terjadi salah umpan. Baca juga: Witan Sulaeman Akan Susul Egy Maulana Main di Eropa Pada menit ke-40, Indonesia sukses menggandakan keunggulan berkat gol Egy Maulana Vikri.

Menerima umpan backheel Saddil, Egy lolos dari pengawalan bek Brunei. Setelah mengontrol, Egy langsung melepaskan tembakan kaki kanan yang meluncur deras ke sisi kanan atas gawang Brunei. Pada masa injury time, Osvaldo Haay mencetak gol keduanya. Menerima umpan Evan Dimas, Osvaldo mengarahkan bola melewati atas kepala kiper Brunei. Skor 3-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Indonesia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Baru empat menit babak kedua berjalan, Indonesia mencetak gol keempatnya lewat kaki Saddil Ramdani. Berawal dari umpan trobosan Egy, Osvaldo langsung melakukan akselerasi di sisi sayap kiri. Osvaldo kemudian memberi umpan silang mendatar ke arah tiang jauh yang langsung diselesaikan Saddil.

Meski sudah unggul empat gol, Indonesia terlihat tidak mengendurkan serangan. Pada menit ke-65, pelatih timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri memberi kesempatan debut kepada Witan Sulaeman. Witan masuk menggantikan Saddil Ramdani yang terlihat mengalami cedera di kaki kirinya.

Tidak butuh waktu lama bagi Witan untuk ikut terlibat dalam pertandingan. Pada menit ke-69, Witan mencetak gol setelah memanfaatkan umpan lambung Egy dari sisi kiri. Dua menit berselang, Osvaldo menyempurnakan penampilannya dengan mencetak hattrick. Setelah mengelabuhi pemain Brunei, Osvaldo dengan mudah menaklukkan kiper Haime A. Nyaring.

Indonesia terlihat belum puas dengan keunggulan 6-0. Dalam waktu tiga menit sejak 77', Indonesia mencetak dua gol lewat sundulan Andy Setyo dan tembakan kaki kanan Egy. Tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Skor 8-0 untuk kemenangan timnas U-23 Indonesia bertahan hingga peluit panjang.
Susunan pemain timnas U-23 Indonesia Vs Brunei:

Timnas U-23 Indonesia: 1-Muhammad Riyandi; 14-Asnawi Mangkualam, 2-Andy Setyo Nugroho, 4-Nurhidayat Haji Haris, 5-Bagas Adi Nugroho; 7-Zulfiandi, 6-Evan Dimas Darmono, 17-Syahrian Abimanyu; 10-Egy Maulana Vikri, 15-Saddil Ramdani (Witan Sulaeman 65'), 20-Osvaldo Haay Pelatih: Indra Sjafri Brunei: 1-Haime A. Nyaring, 6-Muhammad Wafi Aminuddin, 7-Muhammad Nur Asyraf, 8-Muhammad Nur Ikhmal, 9-Faiq Jefri Bolkiah, 11-Muhammad Hanif Farhan, 14-Haziq Kasyful Azim, 15-Muhammad Rahimin, 17-Mohammad Amin, 19-Mohammad Hanif Aiman, 20-Adi Bin Said Pelatih: Aminuddin Bin Jumat.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Kompas.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77