Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hujan Lebat Juga Sebabkan Longsor di Padang Pariaman

Hujan Lebat Juga Sebabkan Longsor di Padang Pariaman
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman membersihkan material longsor yang menimbun jalan. (foto: topikini.com)
Kamis, 21 November 2019 19:23 WIB
PARIAMAN - Selain menyebabkan banjir bandang dan longsor di Kabupaten Agam, hujan lebat pada Rabu malam (20/11/2019) juga menyebabkan terjadinya longsor di Kabupaten Padang Pariaman, tepatnya di Nagari Sikucua Barat, Kecamatan Limokoto Kampung Dalam.

Dikutip GoSumbar dari laman topikini.com, longsor yang terjadi di daerah ini, mengakibatkan 6 titik ruas jalan tertimbun.

Akibatnya, jalur yang menghubungkan Kecamatan Lima Koto Kampung Dalam menuju Kecamatan Sungai Geringging sempat tak bisa dilewati kendaraan.

Namun jalan kembali normal setelah tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman turun ke lokasi dan menyingkirkan material yang menimbun jalan.

Selain itu longsor juga mengakibatkan satu rumah di bagian belakangnya tertimbun material longsor. Meski tak memasuki rumah dan menimbulakn korban jiwa, namun penghuni rumah mengaku ketakutan, karena kuatnya bunyi dentuman saat longsor terjadi pada Rabu malam (20/11/2019).

Peristiwa ini terjadi akibat hujan deras yang melanda daerah itu semenjak tiga hari yang lalu, sehingga membuat tanah yang berada di lereng bukit menjadi labil, hingga terjadi longsor.

“Ada enam titik ruas jalan di daerah ini yang tertimbun longsor, dan alhamdulillah sudah dibersihkan anggota BPBD. Lebih kurang 24 jam aktivitas warga terganggu. Ada juga yang mencoba melewati, tapi ternyata tetap tidak bisa,” kata Rapi’i, wali Nagari Sikucua Barat.

Masyarakat berharap kepada pemerintah Padang Pariaman agar menyipakan alat berat untuk disiagakan di daerah ini. Mengingat masih tingginya curah hujan yang dikhawatirkan akan menyebabkan longsor susulan.

Sementara itu warga juga dihimbau untuk berhati hati karena perbukitan di kawasan ini diduga sangat labil. ***

Editor:arie rh
Sumber:topikini.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Sumatera Barat, Padang Pariaman
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77