Home  /  Berita  /  GoNews Group

Fraksi Demokrat MPR RI Singgung Oligarki dan Kapitalisme Biadab Sebagai Musuh Bangsa

Fraksi Demokrat MPR RI Singgung Oligarki dan Kapitalisme Biadab Sebagai Musuh Bangsa
Sabtu, 16 November 2019 13:03 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
BALI - Fraksi Partai Demokrat Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, menyinggung soal oligarki politik dan kapitalisme biadab sebagai musuh bangsa. Hal ini terkait dengan premasime politik dan ekonomi yang berdampak luas pada kehidupan rakyat Indonesia.

Hal itu disampaikan politis senior PD, Benny Kabur Harman dalam diskusi bersama puluhan awak media di Bali, Jumat (15/11/2019) malam. Ia mengatakan, "sebagai Pimpinan Fraksi PD di MPR RI, kami punya keprihatinan dan punya bacaan soal bangsa,".

Oligarki politik dan kapitalisme biadab itu, dipaparkan Benny, melahirkan banyak soal serius di tanah air. Pertama, adanya ancaman yang begitu serius terhadap hakekat kehidupan bangsa yakni, keadilan dan kemiskinan. "Ini sangat serius menurut kami,".

Kedua, dan harus menjadi kajian di MPR RI yakni, terkait dengan kompetisi demokrasi individual dan komunal. Ketiga, "suka atau tidak, begjtu dominan berkembang paham radikalisme dan sekularisme yang sangat berbahaya bagi bangsa ini,".

"Sekulerisme, memisahkan masalah kehidupan dan religius," ujar mantan aktivis dan juga mantan wartawan ini.

Sehingga, keempat, formalisme Pancasila pun menjadi perhatian penting. Terakhir, bahwa bangsa ini perlu kukuh mengakui kebhinekaan sebagai sebuah realitas. Realitas kebhinekaan-dalam politik, juga terpotret dengan munculnya kompetisi antar kelompok untuk mendominasi visi bangsa ke depan.

"Di MPR itu akan kami bahas dalam semangat kebangsaan yang dijiwai nilai-nilai Pancasila," pungkas Benny.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/