Loading...
Jelang SEA Games Filipina 2019

Bicara Soal Target Sofbal Putra, Leonard Djarkasih: Amankan Tiket Final Dulu

Bicara Soal Target Sofbal Putra, Leonard Djarkasih: Amankan Tiket Final Dulu
Tim Sofball Putra Indonesia sedang menjalani latihan di Lapangan Sofball GBK Jakarta, Kamis (14/11/2019). Antara
Kamis, 14 November 2019 22:10 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Pelatih Tim Nasional Sofbol putra Indonesia, Leonard Djarkasih tak mau berbicara soal target medali pada ajang SEA Games XXX Filipina 2019. Dia hanya memfokuskan anak-anak asuhannya untuk bisa mengamankan tiket ke partai final dulu.

"Bagi kami, target pertama adalah bagaimana berjuang untuk lolos dulu ke final. Kalau sudah di final itu artinya peluang atau kesempatan mendapatkan medali emas tinggal selangkah lagi. Dan pada umumnya, dalam laga final, faktor keberuntungan selalu menjadi penentu,”kata Leonardo Djarkasih di sela-sela kunjungan CdM Indonesia untuk SEA Games 2019 Harfy Warga Negara di Lapangan Sofbal GBK Senayan, Kamis, (14/11/2019).

Berbicara soal target, kata Leonard, harus didasari peta kekuatan negara-negara Asia Tenggara. Apalagi, tuan rumah Filipina dan Indonesia merupakan dua negara yang unggul di cabang olahraga sofball.

Baginya jika Tim Sofball putra Indonesia bisa menembus final sudah cukup beruntung. Pasalnya untuk melangkah ke final juga tak mudah karena harus melewati Singapura dan Thailand yang kemampuannya tak bisa dianggap sebelah mata.

“Yang pasti tuan rumah Filipina selalu menjadi musuh bebuyutan, namun Singapura sekarang mulai naik,” ungkapnya.

Sofbol Indonesia pernah mencatatkan sejarah dengan menjadi juara pada SEA Games 1997 dengan dua medali emas. Terakhir, di SEA Games 2015, tim Merah Putih harus puas berada di posisi runner up setelah dikalahkan Filipina di final.

Meski memiliki beberapa kenangan buruk saat menghadapi tuan rumah, Leonard tetap optimistis anak asuhnya yang sudah mulai melakukan latihan sejak awal Maret lalu itu bisa mencapai final dan mengatasi permainan timnas Filipina pada SEA Games tahun ini.

Saat ini, timnas sofbol tengah dalam tahap finalisasi dan mematangkan teknik permainan seperti defense dan offense. Mereka juga akan menjalani beberapa kali pertandingan persahabatan beberapa pekan sebelum berangkat ke Filipina.

Timnas sofbol Indonesia akan mengirimkan 17 pemain sofbol pada pesta olahraga dua tahunan itu. Sebagai bentuk upaya regenerasi, para pemain yang turun nanti terdiri dari 70 persen atlet senior serta 30 persen atlet junior. ***

Kategori : GoNews Group, Olahraga

Loading...
www www