Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
Olahraga
18 jam yang lalu
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
2
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
Olahraga
18 jam yang lalu
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
3
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
Olahraga
18 jam yang lalu
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
4
PSIS Tetap Optimistis Ke Championship Series
Olahraga
18 jam yang lalu
PSIS Tetap Optimistis Ke Championship Series
5
Timnas Indonesia Butuh Dukungan Penuh Suporter
Olahraga
17 jam yang lalu
Timnas Indonesia Butuh Dukungan Penuh Suporter
6
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
Olahraga
17 jam yang lalu
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
Home  /  Berita  /  Peristiwa

Polres Bukittinggi Berduka, Perwira Terbaik Pradipta Putra Pratama Wafat

Polres Bukittinggi Berduka, Perwira Terbaik Pradipta Putra Pratama Wafat
Polres Bukittinggi Berduka, Perwira Terbaik Kasat Res Narkoba, AKP Pradipta Putra Pratama, S.H, SIK, wafat Senin 11 November 2019.
Senin, 11 November 2019 17:03 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Mujur tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, peribahasa ini disematkan pada salah seorang Perwira terbaik di jajaran Polres Bukittinggi yang telah pergi untuk selama-lamanya. Kabar mengejutkan dan berita duka itu datang dari berpulangnya ke Rahmatullah, Kasat Narkoba Bukittinggi AKP. Pradipta Putra Pratama yang meninggal pada Senin 11 November 2019 sekira pukul 00.30 WIB, dinihari.

Diduga mengalami serangan jantung, almarhum Pradipta sempat menjalani perawatan di RS Yarsi Ibnu Sina Bukittinggi beberapa jam sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. Almarhum meninggalkan seorang istri dan seorang putrinya untuk menghadap Sang Khalik.

Jenazah Kasat Narkoba yang juga menjabat Ketua Tim Jatanras Polres Bukittinggi tersebut sempat disemayamkam di rumah duka di Asrama Perwira Polres Bukittinggi, sebelum dishalatkan dan dibawa ke Aula Mapolres Bukittinggi untuk mendapatkan penghormatan terakhir sebelum diberangkatkan ke kampung halamannya di Bekasi, Jawa Barat untuk dikebumikan.

Semasa hidupnya almarhum merupakan seorang Perwira yang berprestasi khususnya dalam pengungkapan banyak kasus Narkoba di wilayah hukum Polres Bukittinggi, Agam bagian Timur dan sangat ditakuti dikalangan dunia hitam narkoba dan kriminal, karena tidak kenal kompromi dan tebang pilih dalam pengungkapan berbagai kasus.

Hubungan komunikasi almarhum pun sangat baik dengan seluruh stake holders masyarakat di Bukittinggi dan Agam bagian timur. Termasuk juga dengan wartawan yang bertugas di kota Bukittinggi, sehingga almarhum selalu menjadi narasumber terdepan dalam pengungkapan beragam kasus, baik Narkoba maupun Kriminal.

Sahabat almarhum, Kasub Propam Polres Bukittinggi, AIPTU Nofri Matri Aldi, S.H menuturkan, selama menjabat Kasat Narkoba, almarhum dikenal sebagai sosok yang memiliki dedikasi tinggi. Dia mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap tugas yang diembannya. Tanpa kenal lelah dan tak pandang bulu, pemakai dan pengedar narkotika menjadi target operasinya. Sehingga bisa dikatakan, pengungkapan kasus narkoba terbanyak di Kota Bukittinggi dan sekitarnya terjadi selama era almarhum menjabat Kasat Narkoba di Polres Bukittinggi, terang Nofri.

"Hal itu dibuktikan, dari hasil kerja kerasnya mengungkap kasus narkoba, dan dia juga menjabat sebagai Ketua Tim Jatanras yang banyak mengungkap kasus kriminal. Untuk dedikasinya itu pula, tahun lalu Kepala Daerah Kota Bukittinggi juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas prestasinya itu," sebut Nofri Matri Aldi.

Sekitar satu tahun menjabat Kasat Narkoba, Pradipta merupakan perwira muda andalan Polres Bukittinggi yang low profile sangat terbuka dan selalu berbagi informasi dengan kalangan wartawan yang meliput di Polres Bukittinggi, tambahnya.

Sementara itu Asraferi Sabri, Wartawan Senior dan pimpinan media massa bakaba.co juga mengatakan rasa duka mendalam dengan kepergian tiba - tiba dari almarhum Kasat Narkoba Polres Bukittinggi, Pradipta Putra Pratama ini.

"Almarhum dengan jiwa supelnya, senang sekali bergaul dengan semua kalangan. Rasanya baru beberapa waktu lalu bersenda gurau dengan almarhum, dia orang baik, dan tak pernah neko- neko. Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Yang Maha Kuasa, ucap Asraferi Sabri.

Waka Polres Bukittinggi, KOMPOL Sumintak, S.H dalam amanatnya saat pelepasan jenazah di Aula Mapolres Bukittinggi juga menuturkan, Keluarga Besar Polres Bukittinggi sangat kehilangan sosok tauladan yang mampu mengaplikasikan tugas- tugas Polri di tengah masyarakat. Kita ketahui bersama, almarhum adalah orang yang memiliki loyalitas dalam bertugas. Sebagai teman, dia juga adalah sosok sahabat yang baik, sahabat yang tidak pernah pamrih dan tulus membantu rekan - rekannya dalam bertugas, ucap Sumintak.

Meskipun sosoknya telah tiada, namun pengabdiannya selama bertugas, dan ketulusannya dalam bergaul dengan berbagai elemen masyarakat, akan tetap hidup dan terpatri di hati kami. Selamat jalan Sahabat, semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisinya, pungkas Waka Polres.(**)

wwwwww