Home  /  Berita  /  GoNews Group
Jelang SEA Games Filipina 2019

Langkah Jitu PB Porlasi, Mengejar Target di Filipina

Langkah Jitu PB Porlasi, Mengejar Target di Filipina
Manajer Tim Layar Indonesia, H. Teddy Nanang Abay S.T bersama atlet dan pelatih.
Kamis, 07 November 2019 23:13 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Meski hanya menargetkan 1 perak dan 2 perunggu, Tim Layar Indonesia telah melakukan langka jitu untuk menghadapi SEA Games XXX Filipina 2019. Yakni, lima atlet perahu layar andalan Merah Putih yang akan diterjunkan menggunakan peralatan lomba layar sendiri.

"Biasanya kita menggunakan perahu layar sewaan pada saat tampil di SEA Games. Ini yang pertama kali dalam sejarah Tim Layar Indonesia menggunakan perahu layar milik sendiri di SEA Games Filipina nanti. Semua perahu dan peralatan lainnya sudah dikirim ke Subic yang menjadi tempat pertandingan," kata Manajer Tim Layar Indonesia, H. Teddy Nanang Abay S.T yang ditemui usai menerima kunjungan Chef de Mission Kontingen Indonesia, Harry Warganegara di Indonesia National Sailing Centre Pantai Marina Ancol Jakarta, Kamis, 7 November 2019.

Penggunaan perahu layar sendiri ini, kata Teddy Nanang Abay, sangat berdampak positif untuk mencapai hasil maksimal. Sebab, mereka sudah tak perlu lagi menyesuaikan dengan perahu yang akan digunakan nanti dalam lomba karena sudah sering digunakan.

Langkah jitu lain yakni PB Porlasi (Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia) akan mengirimkan atlenya untuk melakukan pelatihan terakhir di Subic Bay Filipina jelang SEA Games 2019. Pelatihan ini dikatakan sebagai pengenalan area sekaligus pembiasaan untuk para atlet.

"Kebetulan pihak Filipina mengundang kita latihan di sana, karena Asian Games yang lalu juga mereka latihan di sini. Ini cukup menguntungkan karena anak-anak bisa menyesuaikan dengan kondisi alam di Subic," kata Ketua Umum PB Porlasi, Darwanto.

"Atlet kita sebanyak 5 orang juga sudah melakukan persiapan sebaik-baiknya, termasuk 4 bulan kita sudah try out di Thailand, Singapura," tambahnya.

Lebih lanjut, Darwanto mengatakan bahwa persiapan merupakan hal yang tak luput untuk dilakukan di Filipina nantinya. Pasalnya, cabor layar dikatakan bukan hanya permasalahan alat, tapi juga cuaca.

"Ada persiapan lainnya buat kami yakni mengenal area untuk lomba di sana, karena layar tidak hanya menggunakan alat tapi juga mengandalkan alam di sana seperti angin, arus dan lainnya. Karena yang saya dengar, di sana banyak gunung jadinya angin berpengaruh, maka dari itu kami merencanakan untuk adakan TC di sana," lanjut Darwanto.

Cabor layar akan mengikuti 4 nomor pertandingan yakni Optimist Boys, International 420 Girls, Rs One Men dan RSX Women. Dari keseluruhan lima atlet yang akan diberangkatkan, kata Darwanto, bahwa para atlet akan didominasi oleh atlet junior.

"Memang ajang SEA Games itu jadi ajang para junior untuk berlomba, sehingga nanti udah lolos kami persiapkan untuk Asian Games yang akan datang. Ada yang usianya masih 13 tahun, ada yang 18 dan yang paling tua itu umurnya 19 tahun. Usia itu memang memengaruhi di layar dan negara lain pun melakukan hal yang sama," pungkasnya.

Jika melihat dari peta persiangan, Darwanto tak menampik bahwa Indonesia saat ini tertinggal dari Thailand, Singapura dan Malaysia. Maka dari itu, target realistis yang diinginkan olehnya ialah medali perak dan perunggu saja.

"Kita bisa ngalahin satu aja minimal dapet perunggu. Mereka itu memang sangat bagus dan pembinaannya baik, berbeda sekali dengan kita. Maka dari itu target saya 1 perak dan 2 perunggu, saya nggak mau muluk-muluk dulu," tambah Darwanto.

Skuat Tim Layar Indonesia :

Tim Manajer : H. Teddy Nanang Abay S.T
Pelatih : Kosim Nor Seha, Robby Nugraha
Official Teknik : Yaumi Safira dan Suyono

Atlet :
Regi Rio Valdo: Optimist
Dia Tri Utami: Int 420 (skeeper)
Nurfatin Syafika: Int 420 (crew)
Nenni Marlini: RSX Women
Ridwan Ramadhan: RS One. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/