Home  /  Berita  /  Ekonomi

Setelah Kandis, Pabrik Tapioka Baru Akan Dibangun di Perawang

Setelah Kandis, Pabrik Tapioka Baru Akan Dibangun di Perawang
Selasa, 05 November 2019 08:35 WIB
Penulis: Ira Widana
SIAK SRI INDRAPURA - Singkong atau tanaman karbohidrat ini sangat banyak manfaatnya. Mulai dari umbinya, daun dan batangnya pun memiliki nilai ekonomis yang cukup baik. Sehingga tak sedikit petani yang memanfaatkan lahan kosongnya untuk menanam ubi kayu ini.

Melihat kesungguhan masyarakat menjadi petani ubi kayu ini, Pemkab Siak tentu turun langsung memberikan motivasi dengan menurunkan alat berat dari Dinas Pertanian Siak untuk membantu warga menggemburkan tanah.

Tak hanya itu, memberi peluang bagi pengusaha lokal untuk membuka pabrik tapioka yang baru di Kabupaten Siak. Sehingga ubi kayu hasil panen warga Siak tetap dapat dijual dengan harga tinggi kepada pabrik tapioka terdekat.

"Sekarang memang sudah ada 1 pabrik tapioka di Kandis, tapi dalam waktu dekat ini akan ada tambahan 1 pabrik baru lagi. Ada pengusaha dari Perawang, yang katanya juga akan membangun pabrik tapioka. Kita belum tahu apakah nanti akan dibangun di Perawang atau di Siak ini," kata Bupati Siak, Alfedri kepada GoRiau.com, Selasa (5/11/2019).

Untuk pabrik tapioka yang di Kandis ini, kata Alfedri, masih kekurangan pasokan setiap harinya. Karena tingginya permintaan tapioka dari berbagai perusahaan yang ada termasuk dari perusahaan kertas di Kabupaten Siak.

"Untuk itu, kami terus mengajak masyarakat yang sudah membudidayakan menanam singkong untuk tidak berhenti, bahkan yang belum bisa melihat peluang bisnis ini. Banyak lahan tidur di Siak yang dapat dimanfaatkan untuk menanam ubi gajah ini," imbuh Alfedri.

Sebelum pabrik tapioka baru berdiri, pemerintah kabupaten Siak juga sudah menggandeng Baznas untuk membina masyarakat di wilayahnya membudidayakan tanam singkong ini. Kerjasama ini sudah berlangsung hampir setahun lamanya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/