Home  /  Berita  /  GoNews Group
Kejurnas Cricket Babak Kualifikasi PON 2020

Tim Cricket Bali Raih Gelar Juara Umum

Tim Cricket Bali Raih Gelar Juara Umum
Senin, 04 November 2019 19:47 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Tim Cricket Provinsi Bali tampil sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cricket sekaligus kualifikasi PON Papua 2020 yang berlangsung di Lapangan Criket Cibubur, Jakarta, 26 Oktober-4 November. Pasukan Pulau Dewata ini merebut dua emas dari nomor T20 putra dan putri. Peringkat kedua ditempati Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kalimantan Timur (Kaltim) dengan satu emas yang diraih dari nomor Sixes.

Pada pertadingan final kategori Sixes putra, Senin (4/11/2019), Tim Cricket NTT meraih emas setelah mengalahkan Sumatra Barat (Sumbar) dengan skor 72-59. "Kami datang hanya membawa tim putra saja. Makanya, kami bangga bisa merebut gelar juara di kejurnas Cricket yang sekaligus babak kualifikasi PON Papua 2020. Usai ini, kami akan terus melakukan latihan persiapan untuk bisa mempertahankan medali emas ini di Papua nanti ," kata Manajer Tim Criket NTT, Drs Ambo MSi yang ditemui usai pengalungan medali.

Pada kategori putri Sixes, Tim Cricket Kaltim berjaya di final setelah memukul tim Banten dengan skor 73-26. "Persaingan cukup berat untuk bisa merebut gelar juara di Kejurnas Cricket yang juga babak kualifikasi PON 2020. Makanya, saya apresiasi perjuangan anak-anak yang mampu mewujudkan keinginannya menjadi yang terbaik. Kami akan berusaha mempertahankan medali emas ini di PON Papua 2020 nanti," ujar Manajer Tim Cricket Kaltim, Budi Irawan.

"Sekembali dari Jakarta, kami akan terus menjalani pemusatan latihan di daerah. Untuk meningkatkan prestasi dan menambah jam terbang, Tim Cricket Kaltim akan menjalani try out di Thailand atau Malaysia," tambahya.

Dengan hasil ini, tim putra dan putri Bali dipastikan bakal tampil pada PON 2020 di Papua. Selain Bali beberapa provinsi yang berhasil merebut tiket lolos ke PON 2020 adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat dan Banten (di sektor putra) serta DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Banten dan Jawa Barat (di sektor putri). Sementara Papua selaku tuan rumah otomatis lolos.

Di PON 2020 mendatang mereka akan bersaing memperebutkan enam emas di enam nomor yang dipertandingkan yaitu T20 putra-putri, Sixes putra-putri dan Super8 putra-putri.

Wakil Ketua Umum PP PCI, Abhiram S Yadav mewakili Ketua Umum, Azis Syamsudin dalam sambutannya saat menutup Kejurnas sekaligus Kualifikasi PON Criket mengucapkan selamat kepada tim-tim yang berhasil lolos. Dia juga berpesan kepada tim-tim yang lolos untuk melobi KONI Provinsi masing-masing agar diberangkatkan ke PON 2020 di Papua.

"Saya mengapresiasi antusias seluruh peserta. Kejurnas sekaligus kualifikasi PON kali ini berlangsung sangat ketat. Selamat buat tim-tim yang berhasil lolos. Pesan saya tetaplah berlatih agar dapat tampil lebih baik lagi di PON 2020. Buat tim-tim yang tidak lolos jangan kecil hati. Berlatihlah lebih keras lagi agar dapat meraih hasil terbaik di event-event yang akan datang," kata Abhiram.

"Sebagaimana yang diharapkan Menpora Zainudin Amali agar ke depan criket semakin dikenal dan diminati masyarakat luas. PP PCI berharap kepada seluruh pengurus provinsi dan para atlet untuk membantu memasyarakatkan criket di daerah masing-masing," tambahnya.

Menyikapi absennya sejumlah provinsi dalam kejurnas sekaligus kualifikasi PON kali ini, Abhiram menegaskan sesuai arahan Ketua Umum PP PCI, Azis Syamsudin, pihaknya akan melakukan evaluasi.

"Kita akan evaluasi kepengurusan pengprov-pengprov yang tidak mengirimkan timnya dalam kejurnas sekaligus kualifikasi PON kali ini. Jika alasannya tidak berdasar maka kami akan mengambil langkah tegas dengan memberi peringatan keras atau sanksi. Kita perintahkan mereka menggelar Musprovlub untuk mengganti kepengurusan yang lama," tandas Abhiram.

Hasil Lengkap Kejiurnas Cricket Babak Kualifikasi PON 2020

Kategori T20

Putra :
1. Bali (Emas)
2. Jawa Barat (Perak)
3. Jakarta (Perunggu)

Putri:
1. Bali (Emas)
2. DKI Jakarta (Perak)
3. Sulsel (Perunggu)

Kategori Sixes

Putra :
1. Nusa Tenggara Timur (Emas)
2. Sumbar (Perak)
3. Banten (Perunggu)

Putri :
1. Kaltim (Emas)
2. Banten (Perak)
3. Jawa Barat (Perunggu)

Individual Award

Best Upcoming Putra: Ahmad Ardika (Jateng)

Best Upcoming Putri: Jeni (Kaltim)

Best Bowler Putra: Anjar Tadarus (Jakarta)

Best Bowler Putri: Sinta Febriana (Jabar)

Best Batsmen Putra: Gede Darma Arta (Bali) (Diterima Sudha)

Best Batsmen Putri: Tri Wardani Hamid (Sulsel)

MVP Putra : Rizky Tri Rubbi (Jakarta)

MVP Putri: Andriani (Jawa Barat). ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/