Home  /  Berita  /  Politik

Merawat Indonesia dengan Memahami Empat Pilar MPR RI

Merawat Indonesia dengan Memahami Empat Pilar MPR RI
Minggu, 27 Oktober 2019 01:56 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
BANYUMAS - Halaman Kantor Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada akhir Oktober 2019, dipenuhi oleh ratusan pecinta seni budaya wayang yang berbaur dengan ratusan pedagang yang berdatangan dari kabupaten Banyumas dan daerah sekitarnya untuk menyaksikan acara pagelaran wayang kulit, Jumat (25/10/2019) malam.

Sekretariat Jenderal MPR RI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam rangka mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI (Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara) pada malam itu mengadakan acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk, dengan dalang Ki Gandhik Wayah Soegino dan Sinden Agnes Serfozo, Eni Lestari serta Pelawak Bodong yang menampilkan lakon ‘Mamayu Hayuning Bawana Ambrastha Dur Angkara Murka’.

Pagelaran Wayang itu mampu menyita perhatian dan antusiasme masyarakat setempat. Antara lain jajaran Pemkab. Banyumas mulai dari Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Edy Prabowo,SH, Ketua DPRD Kab Banyumas: dr. Budi Setiawan, Anggota DPRD, Kapolres, Kapolsek, Dandim, Danramil hingga Camat Sumbang, Drs. Nungky Harry Rachmat, serta para Kepala Desa turut hadir pada acara tersebut.

Acara ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal MPR, Ma'ruf Cahyono, Kepala Biro Humas: Siti Fauziah, Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Biro Humas MPR RI, Muhamad Jaya, juga Kepala Bagian Akomodasi dan Angkutan: Purwadi.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah mengungkapkan, "MPR memilih seni budaya sebagai salah satu metode sosialisasi karena di dalam seni budaya tradisional ini, mengandung filosofi yang berisi tuntunan dan panutan, selain sebagai hiburan,".

Lebih lanjut, Siti Fauziah menjelaskan, dalam memasyarakatkan Empat Pilar, MPR menggunakan berbagai metode.

"Selain untuk Sosialisasi MPR juga ikut melestarikan seni budaya daerah serta memperkuat rasa gotong royong sebagai implementasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar MPR yang sudah terbangun selama ini," tandasnya.

Sementara iru, Sekretaris Jenderal MPR, Ma’ruf Cahyono, mengatakan, pagelaran wayang kulit adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar.

Dan di daerah lain juga diselenggarakan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat. "Kami berharap dengan sosialisasi Empat Pilar MPR RI masyarakat bisa mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila," tandasnya.

Bicara Indonesia kata Ma'ruf, bukan hanya bicara negara tapi juga bicara karateristik bangsa Indonesia, dan bersama-sama merawat Indonesia dengan memahami Empat Pilar MPR.

"Sosialisasi melalui seni wayang ini penting untuk merawat jati diri bangsa serta mengangkat kearifan lokal," ujarnya.

"Mari kita saksikan pagelaran wayang kulit ini, terus jaga dan laksanakan nilai-nilai luhur bangsa," tegas putra asal Banyumas itu.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77