Luar Biasa, 3 Calon Menteri Jokowi Ini Keren, Muda dan Berprestasi Internasional

Luar Biasa, 3 Calon Menteri Jokowi Ini Keren, Muda dan Berprestasi Internasional
Nadiem Makarim (kiri), Wishnutama (tengah) dan Erick Thohir (kanan)
Selasa, 22 Oktober 2019 09:27 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah memanggil beberapa orang yang akan membantunya dalam periode kedua kepemimpinannya sebagai presiden yang berpasangan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Paling tidak ada 3 nama yang membuat masyarakat yakin Joko Widodo benar-benar ingin mempersiapkan generasi muda Indonesia, generasi mileniel yang mampu bersaing secara internasional.

Mereka adalah orang-orang muda yang ahli dan profesional di bidangnya. Mereka enerjik dan selama ini menjadi idola generasi muda Indonesia.

Siapa mereka? Berikut nama dan latar belakangnya:

1. Nadiem Makarim

Nadiem Anwar Makarim lahir di Singapura, 4 Juli 1984; umur 35 tahun, adalah seorang pengusaha Indonesia. Dia merupakan pendiri serta CEO Go-Jek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam dan Thailand.

Nadiem Anwar Makarim adalah putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Ayahnya adalah seorang aktivis dan pengacara terkemuka yang berketurunan Minang-Arab. Sedangkan ibunya merupakan penulis lepas, putri dari Hamid Algadri, salah seorang perintis kemerdekaan Indonesia.

Nadiem menjalani proses pendidikan dasar hingga SLTA berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Sehabis menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Singapura, pada tahun 2002 ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Nadiem sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Setelah memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, tiga tahun kemudian ia mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

2. Wishnutama

Wishnutama Kusubandio, lahir di Jayapura, 4 Mei 1970; umur 49 tahun adalah salah satu pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia adalah Direktur Utama Trans 7, Trans TV serta NET.

Wishnutama menghabiskan masa SMA-nya di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan di International School of Singapore. Menyelesaikan kuliah Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat, namun lebih banyak mendapatkan ilmu komunikasi dan pertelevisian pada saat dia kuliah di Emerson College, Boston. Ia memulai karier dari bawah sebagai Production Assistant di New England Cable News Amerika Serikat dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Tama juga pernah mengenyam pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University.

3. Erick Thohir

Erick Thohir, lahir di Jakarta, 30 Mei 1970; umur 49 tahun adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Ia mengakuisisi klub sepakbola Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milano) pada November 2013. Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke 21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut. Bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepakbola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Di dalam negeri, ia merupakan pemegang saham di klub sepakbola Persib Bandung. Namanya juga melejit sebagai Ketua Panitia Pelaksana Aisan Games 2018 (INASGOC).

Saat Pemilu Erick Thohir menjabat sebagai ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. ***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : Pemerintahan, Umum

Loading...
www www