Banjir di Agam, Puluhan Rumah Terendam dan Akses Jalan Putus

Banjir di Agam, Puluhan Rumah Terendam dan Akses Jalan Putus
Banjir di Agam, Sumatera Barat menggenangi rumah warga, merusak sawah serta membuat akses jalan putus, Selasa (22/10/2019).(foto: BPBD Agam/Kompas.com)
Selasa, 22 Oktober 2019 18:09 WIB
AGAM - Akibat hujan deras, banjir menghantam Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (22/10/2019).

Dikutip dari Kompas.com, akibatnya sekitar 50 rumah sempat tergenang air, kemudian 20 hektare sawah masyarakat rusak.

Akses jalan kabupaten yang menghubungkan Cacang Randah ke Bukit Lintang putus akibat digenangi air yang mencapai dua meter lebih.

"Hujan dengan intensitas tinggi terjadi sejak dini hari tadi membuat terjadinya banjir di Tanjung Mutiara, Agam," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari, yang dihubungi Kompas.com, Selasa (22/10/2019).

Akibat banjir itu, ada sejumlah kerusakan yang dialami. Selain akses jalan putus di Cacang Randah menuju Bukit Lintang, juga membuat sawah masyarakat sekitar 20 hektare menjadi rusak.

"Rumah warga sempat digenangi air sekitar 20 sentimeter di Gasan. Namun, sekarang airnya sudah susut," kata Wahyu.

Selain itu, banjir juga merusak bahu Jalan Cacang Randah menuju Anak Aia Duku dan tebing di belakang Masjid Nurul Iman Bukik Lintang akibat gerusan air Batang Tiku.

Wahyu menyebutkan, pihaknya telah mengerahkan satgas dan tim reaksi cepat BPBD ke lokasi untuk memberikan pertolongan kepada korban banjir.

"Tim sudah turun dan memberikan pertolongan. Korban jiwa tidak ada. Sedangkan kerugian masih dalam pendataan," ujar Wahyu. (kpc)

Editor : arie rh
Sumber : Kompas.com
Kategori : Uncategories

Loading...
www www