Jokowi dan Iriana Tiba di Gedung MPR RI

Jokowi dan Iriana Tiba di Gedung MPR RI
Minggu, 20 Oktober 2019 14:53 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Joko Widodo tiba di Gedung DPR/MPR, Jakarta, untuk dilantik sebagai presiden pada hari ini, Minggu (20/10). Jokowi didampingi oleh istrinya, Iriana Jokowi, hadir sekitar pukul 14.44 WIB.

Mantan Gubernur DKI itu mengenakan jas hitam dengan dipadu dasi berwana merah. Kehadirannya disambut oleh Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono yang sudah menunggu di pintu masuk Gedung Nusantara MPR/DPR.

Jokowi tak memberikan sepatah kata apapun kepada para pewarta. Ia hanya melambaikan tangan kepada para pewarta yang sudah menanti kehadirannya. Baik Jokowi dan Iriana langsung diarahkan menuju ruang tunggu utama sembari menanti acara dimulai yang terletak di Gedung Kura-kura.

Sementara wakil presiden terpilih, Ma'ruf Amin tiba terlebih dulu di Kompleks MPR/DPR. Saat tiba, Ma'ruf mengenakan pakaian formal berupa jas hitam dan dasi merah dilengkapi peci dengan celana panjang hitam.

Para pejabat dan elite partai politik turut menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Berdasarkan pantauan, seluruh Ketua Umum Parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 turut hadir.

Mereka diantaranya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Plt Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa, Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Oedang dan lainnya. Tak hanya itu, jajaran menteri Kabinet Kerja juga turut menghadiri pelantikan Jokowi.

Sebelumnya, Mantan Wapres Jusuf Kalla juga telah tiba duluan di gedung DPR/MPR. JK tak memberikan sepatah kata apapun kepada para pewarta saat hadir. JK bersama Mufidah langsung diarahkan memasuki sebuah ruang tunggu yang terletak di Gedung Nusantara untuk menanti prosesi pelantikan dimulai.

Prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'aruf Amin akan digelar sekitar pukul 14.30 WIB di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10). Nantinya posisi JK akan digantikan oleh Ma'ruf Amin untuk menempati kursi RI 2.

Selain JK, sejumlah tokoh nasional telah hadir terlebih dahulu. Mereka adalah Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Perwakilan 17 negara juga diagendakan turut hadir dalam acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka bertemu dengan Jokowi terlebih dahulu di Istana Negara, Jakarta.

Jokowi-Ma'ruf berhasil memenangkan kontestasi Pilpres 2019 mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kala itu, Jokowi-Ma'ruf berhasil meraih 85.607.362 atau 55,50 persen suara sah nasional di Pilpres 2019.***


Loading...
www www