Gaes, Masih Suka Bilang 'Yang Penting Prosesnya'? Jika Iya, Kamu Nggak Cocok jadi Anak Buah Pak Jokowi

Gaes, Masih Suka Bilang Yang Penting Prosesnya? Jika Iya, Kamu Nggak Cocok jadi Anak Buah Pak Jokowi
Jokowi dengan Youtuber Atta Halilintar. (Istimewa)
Minggu, 20 Oktober 2019 17:59 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Presiden Jokowi menegaskan pentingnya hasil dari pada proses. Presiden, menyampaikan hal ini ketika mengisahkan bagaimana Ia mendorong kinerja para pembantunya.

"Saya sering ingatkan ke para menteri, tugas kita bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas kita adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati hasil pembangunan," kata Jokowi dalam pidato perdananya usai dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024 di Nusantara I, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Seringkali, tutur Jokowi, birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai. Kalau ditanya, jawabnya “Program sudah terlaksana Pak!".

"Tetapi, setelah dicek di lapangan, setelah saya tanya ke rakyat, ternyata masyarakat belum menerima manfaat. Ternyata rakyat belum merasakan hasilnya," kata Jokowi.

Sebab itu Ia menandaskan, "sekali lagi, yang utama itu bukan prosesnya, yang utama itu hasilnya! Cara mengeceknya itu mudah. Lihat saja ketika kita mengirim pesan melalui SMS atau WA. Ada sent, artinya telah terkirim. Ada delivered, artinya telah diterima,".

"Tugas kita itu menjamin delivered, bukan hanya menjamin sent," kata Jokowi.

Ia menegaskan, dirinya tidak ingin birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. "Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat,".***

Editor : Muslikhin Effendy
Kategori : GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik

Loading...
www www