Home  /  Berita  /  GoNews Group

Viral Video 'Ritual' Amankan Pelantikan Jokowi, MPR: Pamdal Tak Libatkan Dukun

Viral Video Ritual Amankan Pelantikan Jokowi, MPR: Pamdal Tak Libatkan Dukun
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. (ISTIMEWA)
Sabtu, 19 Oktober 2019 21:10 WIB
JAKARTA - Sebuah video yang menunjukkan seorang pria mengaku bernama Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V DPR RI viral di media sosial. Ki Sabdo mengaku tengah melakukan 'geladi bersih' untuk mengamankan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digelar pada 20 Oktober mendatang, dengan memanggil bangsa jin.

Dalam video yang beredar, tampak Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V, Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta. Saat ditanya oleh si perekam video, Ki Sabdo mengaku tengah melakukan 'geladi bersih' untuk pengamanan pelantikan Jokowi.

"Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah. Mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin," ujar Ki Sabdo dalam video tersebut.

Menanggapi video yang beredar, pimpinan MPR menegaskan koordinasi pengamanan hanya dilakukan bersama TNI, Polri, dan BIN. MPR menegaskan tidak melibatkan dukun.

"Untuk menjaga keamanan Pimpinan MPR mengundang untuk koordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN, Setneg, dan aparat terkait, bukan dengan dukun atau ahli magic," kata Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat dimintai tanggapan, Jumat (18/10/2019).

Jazilul mengaku tak tahu bagaimana pria yang mengaku bernama Ki Sabdo itu bisa masuk dan melakukan 'ritual' di gedung DPR. Menurutnya, DPR adalah rumah rakyat yang bisa dimasuki siapa saja. Ia mengakui, terkadang petugas kurang teliti mengecek maksud dan tujuan orang-orang yang datang ke kompleks parlemen.

"Saya tidak tahu (bagaimana bisa masuk), sebab yang tanggung jawab itu Pamdal/pengamanan dalam gedung DPR/MPR. Setahu saya Pamdal tidak melibatkan dukun, pengusir jin, dan Nyai Roro Kidul. DPR sebagai rumah rakyat siapapun bisa masuk, terkadang petugas kurang teliti menanyakan maksud dan tujuan tamu yang masuk," ujar Jazilul.

Meskipun demikian, politikus PKB itu mengatakan beredarnya video 'ritual pengamanan' itu tidak akan mencoreng acara pelantikan presiden dan wakil presiden. Menurut Jazilul, hal itu hanya sebagai serba serbi pelantikan.

"Nggak lah (mencoreng citra pelantikan). Anggap saja ekspresi seorang warga yang berdoa agar pelantikan berjalan lancar dan aman. Itu masuknya serba serbi pelantikan. He-he-he," ucapnya.

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden-wapres RI periode 2019-2024 di kompleks MPR/DPR. Persiapan pengamanan sudah dilakukan .***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:detik.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/