Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
Olahraga
23 jam yang lalu
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
2
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
Olahraga
5 jam yang lalu
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
3
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
Olahraga
5 jam yang lalu
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
4
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
Pemerintahan
1 jam yang lalu
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ribuan Orang Tuli di Sumbar Butuh Penerjemah Bahasa Isyarat

Ribuan Orang Tuli di Sumbar Butuh Penerjemah Bahasa Isyarat
Silva TP Isma dari LRBI Departemen Linguistik FIB UI usai menghadiri kegiatan seminar sehari di Universitas Andalas. (Foto: Tagar.id/Rina Akmal)
Jum'at, 18 Oktober 2019 10:27 WIB
PADANG - Peneliti Perkembangan Penelitian Bahasa Isyarat di Sumatera Barat (Sumbar), Rona Almos mengatakan, terjadi ketimpangan antara jumlah penerjemah bahasa isyarat dengan jumlah orang tuli di Sumbar.

"Di Sumbar kita hanya punya delapan penerjemah bahasa isyarat, sementara jumlah orang tuli mencapai 1.250 jiwa. Dari delapan orang tersebut, enam orang ada di Kota Padang dan dua lagi di luar Kota Padang," kata Rona, usai kegiatan Seminar Sehari Bahasa Isyarat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (Unand), Kamis 17 Oktober 2019, seperti dlansir Tagar.id.

Selain membahas bahasa isyarat, kegiatan yang digelar Laboratorium Riset Bahasa Isyarat (LRBI) Departemen Linguistik FIB UI bekerja sama dengan Jurusan Sastra Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dan DPD Gerkatin Sumbar itu mengupas berbagai isu orang tuli.

"Sangat terjadi ketimpangan dari jumlah penerjemah dengan orang tuli di Sumbar. Di Kota Padang saja ada 300 hingga 400 orang yang tuli, sementara penerjemah hanya enam orang, dua orang lagi dari luar Kota Padang," kata dia.

Selain persoalan kurangnya penerjemah bahasa isyarat, penelitian bahasa isyarat dari sisi linguistik juga sangat minim. Akan tetapi, soal motede penelitian di Sekolah Luar Biasa (SLB) sudah mulai diteliti.

Rona menjelaskan, kecenderungan bahasa isyarat orang tuli Sumbar banyak dipengaruhi oleh bahasa isyarat daerah lain. Sepertinya orang tuli di Sumbar kurang percaya diri dengan bahasa isyaratnya sendiri, padahal setiap daerah mempunyai karakteristik bahasa isyarat tersendiri.

"Ke depan kami berharap hilirisasi dari kegiatan ini akan ada bahasa isyarat nasional sebagai rujukan bersama. Kami melihat mereka cepat terkontaminasi dengan bahasa isyarat daerah lain ketika berinteraksi dengan orang tuli dari daerah lain," ungkap dia.

Sementara itu, Iwan Satryawan sebagai pemateri dengan penerjemah Silva Isma dari LRBI Departemen Linguistik FIB UI menjelaskan, bahasa isyarat sangat penting, baik sebagai media komunikasi dalam ranah sosial maupun pendidikan.

Dalam pembahasannya, Iwan menerangkan, bahasa isyarat seharusnya dilakukan sejak dini, terutama bagi orang tua yang punya anak tuli.

"Orang tua yang bisa mengganggu bahasa isyarat dengan anak tulinya, hal ini akan menumbuhkan percaya diri si tuli berinteraksi dengan orang lain. Di sini peran orang tua mendorong anak tuli untuk maju dan berprestasi," ulasnya.

Disampaikannya, sekarang teman tuli sudah banyak yang berhasil mengenyam pendidikan dan perguruan tinggi. Bahkan mendapatkan posisi strategis di pemerintah maupun perusahaan swasta dan merintis usah sendiri.

Sementara itu Silva TP Isma dari LRBI Departemen Linguistik FIB UI menyebutkan, bahasa isyarat mengalami peningkatan dalam perkembangannya dari tahun ke tahun. Penggunaan bahasa isyarat di berbagai ranah semakin banyak, seperti seminar, lokakarya, media, dan kegiatan pengajaran.

Peningkatan ini berlandaskan pada kesadaran yang semakin luas di masyarakat dari berbagai latar belakang, seperti pekerja sosial, mahasiswa, pegiat isu, akademisi, bahkan hingga tingkat pemerintah.

Kesadaran yang meluas ini merupakan dampak dari usaha penyadaran yang dilakukan oleh sejumlah pihak, khususnya organisasi tuli dan universitas.

Departemen Linguistik FIB UI melalui Laboratorium Riset Bahasa Isyarat (LRBI) telah dan masih bergiat dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bahasa isyarat dan ketulian.

Kegiatan yang dilaksanakan selama ini berfokus pada pengembangan bahasa isyarat melalui penelitian-penelitian, pendokumentasian bahasa isyarat dalam bentuk video rekaman dan pencetakan kamus dan buku pedoman, pembuatan produk yang mencakup materi ajar, dan pengadaan pelatihan dan seminar.

"Sejauh ini kami telah mengumpulkan tujuh bahasa isyarat dari daerah. Ke depan kami berharap hilirisasi dari kegiatan ini akan ada bahasa isyarat nasional sebagai rujukan bersama," ujarnya.(tgr)

Editor:arie rh
Sumber:tagar.id
Kategori:GoNews Group, Pendidikan, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/