Home  /  Berita  /  GoNews Group

Selain Wamena, Kemensos juga Berikan Bantuan ke Jayapura

Selain Wamena, Kemensos juga Berikan Bantuan ke Jayapura
Rabu, 09 Oktober 2019 19:43 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Selain mengirimkan bantuan untuk Kabupaten Wamena, Kementerian Sosial juga menyalurkan bantuan untuk pengungsi yang ada di Kota Jayapura.

Bantuan tersebut berupa Lauk Pauk untuk Dapur Umum sebanyak 1.500 orang, 900 matras, 260 tenda gulung, 850 selimut, 4 paket perlengkapan LDP, 2 tenda serba guna, 20 velbed, dan 20 kasur.

"Bantuan sudah diserahkan kepada Dinas Sosial Kota Jayapura dan telah diteruskan ke sejumlah titik pengungsian," kata Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (09/10/2019).

Ia berharap seiring semakin pulihnya kondisi Wamena, pengungsi yang ada di Jayapura bisa segera kembali ke Wamena karena kegiatan sekolah sudah mulai berjalan. Saatnya anak-anak kembali bersekolah. Demikian halnya orang tua saatnya kembali bekerja.

"Wamena sangat memerlukan keberadaan segenap Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian untuk memajukan ekonomi dalam membangun kembali Wamena yang sangat indah ini. Saya yakin kerukunan hidup berdampingan antara seluruh masyarakat Wamena dapat terwujud," kata Mensos.

Kedatangan Mensos di Wamena bersama dengan kunjungan kerja Menko Polhukam, Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, Panglima TNI, dan Kapolri. Dalam kunjungan tersebut Mensos bertatap muka dengan pengungsi yang berada di kompleks Kodim 1702/Jayawijaya. Para pengungsi tersebut berasal dari berbagai daerah antara lain Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Sumatera Utara.

Mereka telah menjadi penduduk Wamena selama bertahun-tahun, rasa trauma dan ketakutan membuat mereka enggan kembali ke rumah dan memilih bertahan di tempat pengungsian sebagaimana pengungsi lainnya yang berada di Jayapura, Timika, dan sebagian sudah kembali ke daerah masing-masing.

Mensos mengimbau kepada warga yang di pengungsian sudah waktunya kembali ke rumah masing-masing, menata kembali kehidupannya, berbaur dengan masyarakat Wamena lainnya. Sebab baik aparat keamanan, TNI dan Polri, maupun masyarakat asli Wamena telah menyatakan untuk siap hidup berdampingan secara damai. Bahkan melindungi warga pendatang dan bersama-sama membangun Wamena.

Hadir mendampingi Mensos adalah Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin, dan Staf Ahli Menteri Sosial Sonny W. Manalu.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77