Gowes Nusantara Perlu Sejalan Dengan Kampanye Kurangi Polusi Udara

Gowes Nusantara Perlu Sejalan Dengan Kampanye Kurangi Polusi Udara
Minggu, 06 Oktober 2019 14:16 WIB
Penulis: Azhari Nasution

PELAKSANAAN program Gowes Nusantara sudah mulai mendapat hati di masyarakat Indonesia. Boleh dibilang program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini sukses dalam memassalkan olahraga bersepeda di berbagai daerah.

Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta Gowes Nusantara. Bahkan boleh dibilang program Gowes Nusantara yang memasuki tahun ketiga ini telah membawa dampak positif terhadap kepentingan masyarakat banyak.

Tadinya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang menjadi mitra kerja Kemenpora dalam menggelar Gowes Nusantara hanya fokus terhadap olahraga sepeda. Namun, belakangan sudah mengawinkannya dengan olahraga lain seperti senam massal. Ya, Gowes Nusantara semakin semarak.

Kini, tanpa terasa event Gowes Nusantara sudah mulai merambah terhadap kepentingan masyarakat. Lihat saja, Pemerintah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara berani Deklarasi Bersepeda. Tujuannya bukan hanya memasyarakatkan olahraga bersepeda tetapi mengurangi polusi udara yang membahayakan kesehatan masyarakat.

'Dengan wajb bersepeda kepada seluruh pegawai Pemkab Kolaka setiap hari Jumat berarti kita telah mengurangi polusi udara dari asap kendaraan bermotor. Polusi udara itu sangat membahayakan kesehatan," pesan Wakil Bupati Kabupaten Kolaka, Jayadin SE.

Deklarasi Bersepeda yang dibacakan Jayadi ini harus mendapat perhatian khusus Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta yang menjadi pelopor pelaksanaan Gowes Nusantara. Apalagi, belakangan ini door prize yang disediakan panitia lokal penyelenggara Gowes Nusantara semakin menggiurkan peserta.

Contohnya, Gowes Nusantara etape Kolaka yang digelar di berbagai daerah sudah menyediakan sepeda motor. Bahkan, Gowes Nusantara etape Wonosobi dikabarkan berhadiah satu unit mobil dari sponsor.

Memang semua itu disediakan pihak sponsor dan bukan dari Kemenpora. Tetapi, akan lebih baik lagi jika Kemenpora mulai mengingatkan soal penyediaan hadiah door prize dari panitia lokal lebih mengutamakan hadiah-hadiah yang terkait dengan kegiatan olahraga.

Tidak ada salahnya jika panitia lokal diarahkan lebih mengutamakan penyediaan door prize dalam bentuk peralatan olahraga massal seperti sepakbola, bola voli, tenis meja, bulutangkis. Dengan demikian, hadiah yang diterima peserta Gowes Nusantara tidak bertolak belakang dengan kampanye hidup sehat dengan mengurangi polusi udara yang sudah dideklarasikan Pemkab Kolaka. ***

Kategori : GoNews Group, Olahraga

Loading...
www www