Home  /  Berita  /  GoNews Group

Meriahkan Acara Bersih Desa, Warga Padang Bintungan Gelar Wayang Semalam Suntuk

Meriahkan Acara Bersih Desa, Warga Padang Bintungan Gelar Wayang Semalam Suntuk
Hiburan wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Bersih Deso di Jorong Padang Bintungan, Nagari Sialanggaung, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.
Minggu, 29 September 2019 10:16 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Melestarikan  budaya  tradisional dalam acara kegiatan "Bersih Desa" di daerah Jorong Padang Bintungan, Nagari Sialanggaung, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat  (Sumbar) dengan menggelar  wayang kulit semalam suntuk.

Acara ini juga dihadiri Ketua DPRD Dharmasraya Defrino MPdI dan anggota DPRD Dharmasraya Ari Prabowo, Ketua DPC PDI Perjuangan Dharmasraya Budi Sanjaya dan seluruh tokoh masyarakat Padang Bintungan dan sekitarnya, Sabtu (28/09/2019) malam di lapangan bola kaki Padang Bintungan.

Ketua Panitia Bersih Desa, Suroto mengatakan, dalam kegiatan Bersih Deso tahun ini menggelar berbagai kegiatan. Diawali shalawatan, kemudian acara hiburan reog dan ruwatan nasi tumpeng, berdoa bersama dan wayang kulit semalam suntuk.

"Ini merupakan kegiatan tradisional kami setiap tahunnya yang kami bawa dari Jawa dulu dan saat ini kami telah berada di daerah Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat ini mengikuti program transmigrasi bedol deso dùlunya," kata Suroto.

Tujuan kegiatan Bersih Deso ini untuk mendoakan agar terjauhkan dari segala bencana, dari hal-hal yang negatif dan memberikan kemudahan rezeki warga Padang Bintungan.

Sementara anggota DPRD Dharmasraya Ari Prabowo mengatakan, kami selaku anggota DPRD Dharmasraya sangat bangga sekali atas aspirasi masyarakat Padang Bintungan yang telah melakukan kegiatan sangat positif yaitu dalam acara Bersih Deso.

Warga transmigrasi Sitiung ini dulunya berasal dari daerah Wonogiri, Jawa Tengah. Sekarang berdomisili di daerah Sitiung tepat di Padang Bintungan, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. (ep)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77