Home  /  Berita  /  Peristiwa

Cuaca di Riau Semakin Membaik, Kepala BPBD Riau: Alhamdulillah Langit Riau Sudah Biru

Cuaca di Riau Semakin Membaik, Kepala BPBD Riau: Alhamdulillah Langit Riau Sudah Biru
Kepala BPBD Riau saat diwawancarai wartawan dilokasi Karhutla. (foto rizki ganda sitinjak)
Rabu, 25 September 2019 00:59 WIB
Penulis: Rizki Ganda Sitinjak
PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger mengatakan setelah sebagian wilayah di Provinsi Riau diguyur hujan, cuaca semakin cerah dan langit sudah biru.

Diungkapkan langsung oleh Edward saat melakukan peninjauan Karhutla di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Selasa (24/9/2019) siang. Ia mengatakan meski hujan tak merata, namun sangat membantu memadamkan titik api karhutla dan menghilangkan kabut asap di Riau.

"Alhamdulillah, langit Riau sudah biru. Cuaca sudah cerah kambali, matahari sudah melihatkan sinarnya. Ini berkat doa kita semua. Semoga seperti ini terus ke depannya," ungkap Edward kepada Wartawan, Selasa sore.

Selanjutnya Edward mengatakan, berterimakasih kepada tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat, yang sudah bekerja keras setiap hari berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau.

"Ini berkat doa kita semua. Hari ini sudah 180 derajat bedanya (asap karhutla) dengan hari-hari sebelumnya. Kita juga sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, baik Bapak Presiden, Panglima TNI, Kapolri, BNPB, KLHK dan seluruh stake holder yang telah memberikan perhatian dan dukungan kepada kita di Riau ini," lanjutnya.

Lebih lanjut, Edward mengatakan masih terdapat sejumlah titik api dibeberapa wilayah yang masih dilakukan pemadaman hingga saat ini seperti di daerah Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Rokan Hilir dan Kota Dumai.

Meski begitu, Ia memastikan apinyang tersisa tidak terlalu besar dibandingkan dengan yang sebelumnya, dan Ia berharap api secepatnya dapat dipadamkan.

"Sudah tinggal sedikit lagi. Ini semua kita jaga supaya tidak terbakar lagi. Sekarang ini kita fokus pemadaman beberapa titik (api) di Rohil dan Dumai. Hari ini kita juga mengoptimalkan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca)," tutup Edward.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/