Home  /  Berita  /  Peristiwa

Riau dan Jambi Kembali Diguyur Hujan Hari ini

Riau dan Jambi Kembali Diguyur Hujan Hari ini
Selasa, 24 September 2019 20:59 WIB
PEKANBARU - Sebagian wilayah Riau dan Jambi kembali diguyur hujan setelah dilaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di dua wilayah tersebut.

Posko Palembang hari ini juga dibuka kembali untuk operasi TMC untuk menjangkau wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

“Operasi TMC di Provinsi Jambi selama dua hari ini ditugaskan pada tim TMC Posko Riau. Namun, esok hari operasi di wilayah Provinsi Jambi akan lebih dioptimalkan dengan dibukanya Posko TMC Sumsel hari ini,” ujar Hammam Riza, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Selasa (24/9/2019)

Tri Handoko Seto, Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC-BPPT) mengatakan sepanjang hari ini tim TMC BPPT telah berupaya maksimal menjangkau dua wilayah sekaligus untuk dilakukan penyemaian awan.

“Tim kami terus bekerja keras sepanjang hari ini untuk menabur CaO atau kapur tohor dan melaksanakan penyemaian awan secara simultan. Bersyukur, hujan turun kembali di beberapa wilayah di Riau dan Jambi pada sore hari,” ujarnya.

Pada penerbangan pertama pagi hari, pesawat Hercules C 130 yang membawa flight scientist BBTMC BPPT dan TNI AU terbang dari landasan pacu Nurjadin dengan membawa 2000 kg CaO dan 2000 NaCL. Wilayah yang dituju, yaitu Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Jambi.

Penerbangan kedua siang hari, tim TMC bergerak menyasar wilayah Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir (Riau) dan Dharmas Raya (Jambi) dengan membawa bahan semai 4.000 kg NaCL.

Sekitar pk 16.50 WIB, hujan turun dengan intensitas sedang terpantau di 4 wilayah Provinsi Jambi, yaitu Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Sarolangun. Sementara di wilayah Provinsi Riau, hujan turun dengan intensitas sedang membasahi 4 wilayah, yaitu Kab Indragiri Hilir. Kab Bengkalis, Dumai, dan Kota Pekanbaru.

“Posko kami di Lanud Roesmin Nurjadin hujan sudah turun sejak pk 15.00 WIB,” ungkap Samba Wirahma, Koordinator Lapangan BBTMC- BPPT Posko TMC Riau.

Menurut Samba Wirahma, wilayah Sumsel juga dilaporkan hujan, yaitu di Muara Padang, Digi Palembang, Sembawa, Indralaya dan Tugu Mulyo, Lubuk Linggau. “Laporan lokasi curah hujan dipantau melalui radar di stasiun pemantau BMKG dan dikonfirmasi oleh laporan tim satgas di lapangan,” ujarnya. (BBTM-BPPT). ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Peristiwa, Lingkungan, Umum, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/